June 20, 2024

BRN | TNI AL, Banjarmasin,- Dalam rangka mengenang Perjuangan Letnan Kolonel Hasan Basry Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan Selatan, dilaksanakan Upacara HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023, dengan tema “Bergerak Beimbaian Gasan Membangun Banua Kita”, bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat Hulu Sungai Selatan, dengan Inspektur Upacara Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., Rabu (17/5/2023).

Komandan Lanal Banjarmasin selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal) Laksma TNI Dr. Hariyo Poernomo, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., M.Han. Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa Masyarakat Hulu Sungai Selatan harus bangga dan bersyukur bahwa dari Kandangan, telah lahir seorang Tokoh Pejuang Kemerdekaan bernama Letnan Kolonel Hassan Basry sebagai Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan Selatan. Proklamasi yang beliau kumandangkan pada 17 Mei 1949 sekaligus puncak perjuangan masyarakat Kalimantan sebagai sumpah setia menjadi bagian tak terpisahkan dari NKRI. Dalam peringatan ini merupakan momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan, menjadikan nilai-nilai dan semangat kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap pengabdian.

Mari kita jadikan momentum peringatan ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan melalui momentum ini kita dapat mengambil makna tauladan dan nilai-nilai patriotis para pendahulu pendahulu kita, agar bekerja keras menjaga kehormatan dan kedaulatan bangsa untuk membangun Indonesia sebagaimana cita-cita para pejuang.

Diakhir acara dilaksanakan kegiatan penyerahan tali asih dan bingkisan kepada veteran dan janda veteran, pengumuman juara dan penyerahan hadiah Napak Tilas, kunjungan ke Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan, dan kunjungan Ke Cagar Budaya Monumen Proklamasi 17 Mei 1949.

Ditempat terpisah rangkaian kegiatan peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023 dilaksanakan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry dipimpin oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sabirin Noor, S.Sos., M.H., Kirab Sepeda Ontel dengan titik start dari Kawasan Siring 0 KM Kota Banjarmasin dan finish di TMP Brigjen TNI (Purn) Hassan Basry dengan jarak tempuh sekitar 20 KM, dan Upacara di Halaman Kantor Walikota Banjarmasin.

(Pen Lanal Banjarmasin/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *