June 20, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 17 Mei 2023 — Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Peni Yayan Sofiyan menghadiri upacara peringatan ke-77 Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut yang digelar di Lapangan Laut Maluku Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut, Moro Krembangan, Surabaya, Rabu (17/5). Selain diisi dengan upacara parade, peringatan Hardikal kali ini diwarnai dengan penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna Taruna AAL dan Bela Diri Militer dari Siswa Diktukpa TNI Angkatan Laut angkatan 53 tahun 2023.

Upacara militer pada Hardikal tahun ini dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dengan melibatkan prajurit dan siswa Kodiklatal, Taruna AAL dan siswa dari Sekolah Menengah Farmasi Sekesal. Peringatan Hardikal tahun 2023 mengangkat tema “Dengan Semangat Hardikal TNI AL Siap Membangun Sumber Daya Manusia Unggul sebagai Patriot NKRI dalam Mendukung Pembangunan Nasional”.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa upacara ini merupakan momentum sekaligus ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Es atas berbagai prestasi dan pencapaian lembaga pendidikan TNI AL selama 77 tahun di masa pengabdiannya. Momen ini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan peran dan kontribusi lembaga pendidikan TNI AL dalam membentuk dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mewujudkan kekuatan dan kemampuan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

Pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan TNI AL sangat tergantung kepada kualitas sumber daya manusia sebagai pengawak alutsista maupun organisasi TNI AL. Dihadapkan pada dinamika perubahan lingkungan strategis yang begitu cepat serta perkembangan kekuatan Angkatan Laut kawasan perlu diimbangi dengan lompatan-lompatan teknologi yang sangat signifikan.

“Situasi ini menuntut kita untuk berlari lebih cepat dan berusaha lebih keras dalam upaya modernisasi TNI AL pada semua aspek dan komponen. Salah satu upaya dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia TNI AL yang profesional dan unggul adalah melalui peningkatan peran kualitas lembaga pendidikan tersebut. Diharapkan kualitas hasil didik juga semakin meningkat yang akan menjadi motor penggerak organisasi TNI AL.” ungkap Kasal.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *