May 20, 2024

BRN | Padang – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada upacara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (19/5/2023).

Sebanyak 1.373 Taruna dari Akademi Militer Angkatan Darat (Akmil), Angkatan Laut (AAL), Angkatan Udara (AAU) Akademi Kepolisian (Akpol) dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta Mahasiswa Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), akan melaksanakan kegiatan tersebut mulai 19 Mei s.d. 8 Juni 2023.

Para peserta disambut dalam upacara di Kantor Gubernur Sumatera Barat, dilanjutkan kirab dan atraksi marching band yang dimulai dari Istana Gubernur Sumbar dan berakhir di GOR H Agus Salim (GHAS) Padang.

Setelah upacara pembukaan, peserta dibagi menjadi lima Batalyon yang ditugaskan ke lima kabupaten kota di Sumbar, yakni Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman, Pesisir Selatan dan Solok.

Mereka nantinya akan melakukan tugas Latsitarda sesuai penempatan dan tinggal di rumah-rumah penduduk. Latsitarda Nusantara merupakan bagian dari kurikulum pendidikan Taruna dan Praja serta Mahasiswa.

Selain Kasad, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M, dan Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara R. Tjahjo Khurniawan, S.T., M.Si. juga hadir pada acara tersebut.

Kegiatan Latsitardanus meliputi karya bakti, bakti sosial dan penyuluhan edukasi serta kampanye promosi dari masing-masing Matra Akademi TNI, Akpol, IPDN dan Poltek SSN. Seluruh peserta akan berbaur dengan masyarakat sebagai latihan aplikasi kemasyarakatan.

*(Dispenad/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *