May 30, 2024

BRN | TNI AL, Banjarmasin,- Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., diwakili Pasops Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Sugeng Subagiono selaku koordinator bersama 7 (tujuh) prajurit melaksanakan gelar Latihan ISPS (International Ship and Port Facility Security) Code, bertempat di Terminal Office Permata Barito PT. Indonesia Multi Purpose pada posisi 3° 41′ 419″ LS – 114° 29′ 792″ BT di Perairan Tabanio, Kalimantan Selatan, Rabu (24/5/2023).

Latihan tersebut diselenggarakan oleh PT. IMPT (Indonesia Multi Purpose Terminal) dan diikuti unsur Kemaritiman dari satuan Lanal Banjarmasin, Polairud Polda Kalsel, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Donpro, serta melibatkan 36 Personel bersenjata lengkap dengan menggunakan sarana 1 Unit Alpung RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) milik Lanal Banjarmasin, 1 Unit Kapal Polisi Cepat (KPC) XIII-2008 milik Polairud Polda Kalsel, 1 Unit KN. P 363 milik KSOP, dan 1 Unit speed boat Putra Banjar.

Untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan jiwa di laut “Safety of Life at Sea” (Solas), sebelum latihan diawali dengan pemaparan skenario, jaring komunikasi, koordinasi antar unsur operasi dan mempertimbangkan faktor cuaca di laut.

Adapun tujuan dari latihan ini yaitu untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi pada saat terjadi tindak kejahatan dengan kekerasan di perairan maupun pelabuhan internasional terhadap kapal-kapal yang melintas maupun berlabuh baik dari dalam negeri maupun luar negeri serta dapat cegah dini dan deteksi dini untuk meminimalisir kegiatan illegal lainnya saat beraktivitas di laut, sehingga dapat memberikan rasa aman terhadap fasilitas kapal dan pengguna transportasi Laut.

Dalam latihan tersebut, para peserta Latihan dibekali ilmu pengetahuan baik berupa materi maupun praktek diantaranya Port Facility Security Plan, Prosedur Komunikasi, Respon Perubahan Tingkat Keamanan (Security Level), Prosedur Penanganan Penyusupan, Prosedur Penanganan Pembajakan, Prosedur Penanganan Penyanderaan, dan Prosedur Respon P3K.

Ditempat terpisah, Danlanal Banjarmasin menyampaikan terima kasih atas sinergi dan kerjasama kepada unsur-unsur yang terlibat, sehingga latihan ini bisa berjalan lancar dan aman. Kegiatan yang bermanfaat ini tidak berhenti sampai disini saja, rencana kedepan tetap kita laksanakan kembali secara berkelanjutan, ungkapnya.

(Pen Lanal Banjarmasin/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *