May 30, 2024

BRN | TNI AL, Bandung,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., bersama unsur Forkopimda Kota Bandung menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Tingkat Kota Bandung, bertindak selaku Inspektur Upacara Plh. Walikota Bandung Ema Sumarna, bertempat di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana No.22 Kota Bandung, Kamis (01/06/2023).

Plh. Walikota Bandung dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hari ini kita memperingati hari lahirnya Pancasila, dengan dasar mental dan spiritual serta kegigihan para pendiri negeri ini untuk menciptakan suasana kehidupan yang sejahtera atas dasar ketuhanan kemanusiaan, persatuan demokrasi dan keadilan hasilnya sangat membanggakan karena dasar negara ini telah mampu mempersatukan etnis budaya, asal usul dan agama yang berbeda untuk bersama-sama mewujudkan bangsa yang mandiri dan bermartabat.

Seiring perjalanan waktu, pemahaman dan implementasi Pancasila sebagai way of life sempat mengalami pasang surut karena pada satu fase sempat mengalami masa keemasan namun pada tahapan lain menghadapi berbagai tantangan dan ujian. Pancasila diuji ketika persoalan yang dihadapi bangsa bukan sekedar ideologi tetapi juga berbagai isu seperti disintegrasi, diskriminasi, intoleransi serta konflik antar kelompok. Tantangan ini tentu saja harus diantisipasi karena terkait amanah konstitusi yang mengharuskan semua komponen bangsa menegakkan Pancasila secara konsisten, apalagi kita akan menghadapi pesta demokrasi tahun depan dimana potensi konflik gangguan Kamtibmas dan ancaman lainnya terhadap kehidupan masyarakat cenderung meningkat meski potensi ancaman itu relatif kecil di Kota Bandung, namun kita harus tetap waspada dan antisipatif yakni dengan menguatkan karakter masyarakat yang tangguh cerdas dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini tentu saja harus diwarnai sebagai wahana refleksi diri terhadap apa yang telah sedang dan akan dilakukan dalam memberi arti serta mengamalkan Pancasila sebagai falsafah negara setiap individu warga Kota Bandung apapun profesi yang dijalani dituntut mengamalkan sila-sila dari Pancasila yakni nilai-nilai spiritualitas menghormati sesama mengutamakan musyawarah dalam menghadapi setiap persoalan serta bersikap adil dalam menyikapi setiap dinamika kehidupan.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *