June 21, 2024

BRN | TNI AL, Bengkulu,– Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Palaksa Lanal Bengkulu Mayor Laut (P) M. Hadi Purwanto, Perwira Upacara Letda Laut (S) Sigit Adi Sulistyo dan Komandan Upacara Letda Laut (K) Hartawan, Kamis (01/06/2023).

Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dengan menggelar upacara peringatannya seluruh Indonesia dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Hari Lahir Pancasila menjadi momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para Pahlawan bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S seusai menghadiri upacara di Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa prajurit Lanal Bengkulu tidak hanya melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara internal di Mako Lanal saja, namun juga mengikuti upacara di Kabupaten, Kota dan termasuk di Provinsi Bengkulu secara bersamaan.

Danlanal Bengkulu juga mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Lahir Pancasila ada 4 (empat) hal yang perlu dipedomani yaitu, Pertama, memaknai nilai yang terkandung setiap sila dalam Pancasila. Kedua, menerapakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, menyikapi permasalahan dengan bijaksana. Keempat, bangga atas budaya dan adat istiadat yang dimiliki bangsa Indonesia.

Beliau juga berharap Pancasila dapat menyatukan komitmen seluruh Rakyat Indonesia dengan cara mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkadung pada setiap sila dalam Pancasila, demikian tutup Danlanal.

(Pen Lanal Bengkulu/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *