June 21, 2024

BRN | JAKARTA – Sekretaris Desa Welora, Kab.MBD, Markus Laimera mengatakan bahwa Desa Welora Kecamatan Dawelor Dawera Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) merupakan Destinasi Wisata Baru Terpopuler di Indonesia, hal ini di ungkapnya saat di wawancara awak media di Pameran DXI 2023 yang di gelar Di JCC Jakarta, Jum’at (02/06/2023).

 

Hal ini karena Desa Welora Kecamatan Dawelor Dawera Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). telah ditetapkan sebagai destinasi wisata baru terpopuler di Indonesia dan berhasil menggondol juara I pada malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards tahun 2020 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2020.

Markus mengatakan bahwa dirinya bersama anak – anak muda di daerah tersebut bersama sama mengelola obyek wisata dengan kemampuan yang ada.

“Kami membangun dengan segala kekurangan kami dari tahun ke tahun, pengembangan wisata disana walaupun sedikit, masyarakat disana bisa merasakan pendapatan per kapita per keluarga melalui sektor pariwisata, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Markus mengatakan kami menawarkan berbagai paket dengan berbagai macam pilihan dan bisa diambil.

Welora banyak dikunjungi oleh banyak wisata mancanegara diantaranya yang paling banyak dari Rusia, Perancis, Jerman, Amerika Serikat, China dan Jepang. Dan kebanyakan tamu – tamu disana melakukan riset sesuai dengan manifes yang kami dapat. Selain itu banyak peneliti yang melakukan tesis disana.

Jadi memang SDM masyarakat disana masih terbatas, sehingga kami mencoba mendesain melalui dana desa yang ada.

Welora punya brand yaitu wisata bawah laut Kami harapkan sekali lagi para investor dapat berinvestasi disana guna pembangunan untuk Maluku Barat Daya ke depan lebih khususnya desa welora yang merupakan satu-satunya desa wisata disana yang mempunyai spot wisata.

Dan kami meminta kepada pemerintah agar ada jaringan akses disana secara maksimal dengan membantu membuat akses melalui bandara yang saat ini dalam tahap perencanaan pemerintah daerah. Dan jika ada akses terbuka dan pemerintah pusat bisa menjawab itu maka akses disana lebih cepat, “pungkasnya.  *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *