June 20, 2024

BRN | JAKARTA – Kongres Kaum Betawi yang akan diselenggarakan pada 9 Juni 2023 besok diharapkan sukses demi kemajuan kaum Betawi.

Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi, Marullah Matali selaku pemegang amanah untuk menggelar kongres Kaum Betawi berharap semoga kongres tersebut berjalan lancar dan sukses demi kemajuan kaum Betawi.

Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan ini mengatakan bahwa dirinya punya kewajiban untuk menyatukan dan memajukan kaum Betawi.

“Ini adalah amanah yang dituangkan didalam piagam deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi 22 Desember 2022 lalu” ungkap Marullah, Senin (05/06/2023).

Ditemui diruang kerjanya, mantan Sekda Provinsi DKI di era Anies Baswedan ini menyampaikan keinginannya untuk menyatukan semua komponen dan elemen anak Betawi agar lebih kompak, bersatu dan maju.

“Kita berharap kongres besok ini berjalan dengan lancar dan sukses. Seluruh anak Betawi kudu kompak bersatu demi kemajuan kaum Betawi” harapnya.

Sementara diruang terpisah, panitia pengarah atau SC (Red-Steering Comitee) juga mengadakan rapat terakhir guna pemantapan agenda kongres yang akan dilangsungkan di Balai Agung pada Jum’at 9 Juni 2023.

“Insya Allah kita pastikan Kongres akan dibuka di Balai Agung pada ba’da Jum’at tanggal 9 Juni besok” kata H. Oding saat memimpin rapat SC di Balaikota, Senin (05/06/2023).

“Saya sudah berkoordinasi dengan panitia pelaksana untuk kepentingan kongres besok” lanjut mantan ketua umum Bamus Betawi priode 2013-2018 tersebut.

Didampingi Doktor Usni Syaripudin yang juga merupakan salah satu tim perumus, H. Oding yang saat ini memimpin Bamus Suku Betawi 1982 ini memaparkan banyak hal dalam rapat tersebut.

“Hal-hal tekhnis terkait kongres besok kita sudah percayakan kepada panitia pelaksana. Jadi hari ini adalah rapat SC terakhir” lanjut H. Oding menegaskan.

“Jadi hari ini kita hanya bahas tentang rangkaian acara, struktural dan bagan mengenai struktur Majelis Kaum Betawi” lanjutnya.

Didalam pembahasan materi rapat sebagaimana telah disebutkan diatas, banyak usulan-usulan dan tanggapan yang disampaikan oleh para peserta rapat.

“Semua masukan-masukan, usulan dan koreksi dari Abang-abang dan mpo-mpo kita akomodir dan telah kita sepakati bersama untuk dibawa kedalam kongres besok” kata H. Oding.

“Semua usulan yang tadi disampaikan oleh Bang Tahyudin, Bang Jamakhsari, Bang Agus, Bang Jalih Pitoeng, Bang Syarif, Bang Azis dan Abang-abang lainnya serta mpok Idawara dan mpo Aida Maqbula, semuanya usulan dan masukan yang sangat positif” H. Oding memaparkan.

“Oleh karena itu, keputusan rapat hari ini menjadi sebuah keputusan yang akan kita bawa pada kongres besok sebagai lanjutan dari pra kongres sebelumnya” pungkas H. Oding.   *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *