May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 5 Juni 2023 —- Dalam rangka pembinaan dan peningkatan profesionalisme prajurit, Komando Lintas Laut Militer menggelar latihan fungsional yang diadakan oleh Staf Potensi Maritim Kolinlamil di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/6). Latihan fungsional Spotmar Kolinlamil ini dibuka oleh Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo. Materi yang diberikan pada latihan fungsi Spotmar Kolinlamil berupa teori dan praktek meliputi Komunikasi Sosial Maritim, Bakti TNI/TNI AL, Angkutan Laut Nasional dan Pembinaan Ketahanan Wilayah. Kegiatan praktek lapangan terdiri atas pendataan, pengolahan data dan pembuatan pelaporan data.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) yang diimplementasikan melalui Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar). Binpotmar adalah upaya pekerjaan dan tindakan yang dilaksanakan secara perorangan, kelompok dan satuan melalui komunikasi sosial maritim, pembinaan ketahanan wilayah maritim dan bakti TNI Angkatan Laut untuk membangun kemanunggalan TNI/TNI Angkatan Laut dengan rakyat dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh.

Dalam sambutannya Aspotmar Pangkolinlamil menyampaikan bahwa penyelenggaraan latihan fungsional Spotmar Kolinlamil ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan personel Kolinlamil melalui latihan pengamanan personel, material, kegiatan dan pengamanan dokumen sekaligus membuat produk atau laporan agar mampu menghadapi berbagai tuntutan tugas di staf dan lapangan dalam mendukung operasi maupun latihan di Kolinlamil. Sesuai arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H., seluruh insan Potmar harus mampu menjalin hubungan kerja, sinergitas dengan instansi pemerintah, perusahaan swasta dan unsur maritim, keluarga besar TNI AL serta masyarakat pada umumnya di wilayah kerja Kolinlamil secara baik guna menunjang tugas pokok, sesuai motto insan potensi maritime TNI AL yaitu Senyum, Salam, Sapa dan Silaturahmi.

“Saya menekankan kepada instruktur, pelatih dan peserta agar melaksanakan latihan fungsional Spotmar Kolinlamil ini dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, saling menghargai tugas kewajibannya serta utamakan keselamatan dan keamanan personel. Hasil dari latihan fungsional Spotmar Kolinlamil ini akan menjadi bahan masukan kepada pimpinan Kolinlamil dalam menyusun program kerja selanjutnya.” ujar Aspotmar Pangkolinlamil

Latihan fungsional Spotmar dengan berbagai materi yang disampaikan tersebut merupakan bagian dari pembinaan personel sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang professional dan unggul. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menempatkan pembangunan SDM TNI AL melalui operasi dan latihan sebagai pilar pertama strategi dan kebijakan Kasal tahun 2023.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *