June 17, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 5 Juni 2023 — Perwira Komando Lintas Laut Militer yang terlibat dalam latihan puncak TNI AL Armada Jaya XLI tahun 2023 menerima pembekalan dan pendalaman Petunjuk Referensi (Jukref) Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) yang berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/6). Kegiatan yang dipimpin oleh Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun tersebut menghadirkan Kolonel Laut (P) Arya Delano sebagai pemateri.

Penyelenggaraan pembekalan dan pendalaman Jukref PPKM bertujuan untuk penyegaran (refreshing) materi yang sebelumnya pernah didapatkan guna menyamakan pemahaman dan pengetahuan dalam melaksanakan mekanisme PPKM bagi seluruh pelaku Latihan AJ XLI dari Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi agar dapat mendukung kelancaran kegiatan gladi posko latihan puncak TNI AL Armada Jaya dan Latihan Gabungan TNI tahun 2023. Dalam latihan tersebut akan dilatihkan pentahapan kampanye militer yang merupakan rangkaian dari beberapa operasi gabungan dan operasi lainnya yang dilaksanakan baik secara berurutan, serentak dan kombinasi keduanya untuk mencapai tugas pokok yang telah ditentukan oleh Komando Atas. Penyelenggaraan operasi gabungan dan kampanye militer dilaksanakan oleh suatu Komando Gabungan (Kogab) dan Komando Tugas Gabungan (Kogasgab).

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. melalui Asops Pangkolinlamil meyampaikan arahannya agar seluruh prajurit Kolinlamil yang terlibat Armada Jaya XLI agar menyiapkan seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan termasuk bekal pengetahuan beserta software yang digunakan sebagai referensi guna mendukung kelancaran kegiatan latihan sehingga semua rangkaian kegiatan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan latihan yang hendak dicapai. Panglima Kolinlamil juga menyampaikan penekanannya agar seluruh peserta yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil dari penyelenggaraan PPKM dan mampu menjalin kerjasama yang baik antar staf Kogab dan Kogas dalam pelaksanaan latihan Armada Jaya ke XLI tahun 2023 yang akan dilaksanakan.

Kegiatan latihan di jajaran Kolinlamil merupakan salah satu upaya prioritas dalam rangka pembangunan sumber daya manusia TNI AL yang profesional dan unggul. Hal tersebut menjadi pilar pertama kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam rangka mewujudkan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi yang tinggi.

(Dispen Kolinlamil/LI)

 

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *