May 18, 2024

BRN| Jakarta, 6 Juni 2023 – Tahun 2022 menjadi tahun yang penuh tantangan dinamika industri retail yang cukup menantang bagi PT Supra Boga Lestari Tbk (“RANC”) maupun secara global. Menghadapi hal tersebut, Perusahaan berupaya untuk menyusun strategi dan kebijakan yang dapat menciptakan peluang pertumbuhan diantaranya dengan menambah diferensiasi produk berkualitas serta melakukan pengembangan produk baru hingga menerapkan efisiensi terhadap toko-toko yang dianggap tidak produktif untuk menekan biaya operasional milik RANC.

 

“Strategi dan kebijakan strategi tahun 2022 fokus pada upaya Perseroan dalam mengantisipasi setiap tantangan yang ada agar kemudian menjadi peluang pertumbuhan. Perusahaan akan senantiasa melakukan perbaikan agar kinerja Perusahaan baik operasional maupun keuangan menjadi lebih kuat dan mendorong pengembangan usaha kedepannya,” ujar Johartono Susilo, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk.

Catatan pendapatan bersih konsolidasi RANC tahun 2022 naik sebesar Rp 2,9 triliun. Angka ini meningkat 0,4% dibandingkan tahun lalu yang mendapatkan pendapatan bersih konsolidasi Rp 2,89 triliun. Meskipun penjualan bersih mengalami peningkatan, namun RANC mencatatkan kerugian bersih sebesar Rp 83,67 miliar pada tahun 2022 yang disebabkan oleh meningkatnya biaya yang terjadi sepanjang tahun 2022.

Pada tahun 2022, RANC dan entitas anak melakukan realisasi investasi barang modal yang berupa penambahan aset tetap dan aset tidak lancar lainnya sejumlah Rp 54,7 miliar untuk keperluan operasional Perusahaan.

Di tengah tantangan tersebut, RANC terus memperbaiki pelayanan untuk terus mengembangkan bisnis dan menyesuaikan di era digital dan menjangkau pelanggan yang lebih luas. Untuk mewujudkan hal tersebut, RANC membangun kerjasama strategis dengan Blibli.com dan kemitraan dengan penyedia layanan berbasis online.

Pada tahun 2022, RANC berhasil melakukan inovasi yang signifikan dengan meluncurkan gerai Pasarina untuk pertama kalinya. Gerai ini merupakan inovasi besar dari RANC yang menggabungkan konsep pasar tradisional yang dibalut dengan era teknologi modern, Al
(Artificial Intelligence) 3 Dimensi, di mall legendaris Indonesia, Sarinah Mall.

Di sisi operasional, hingga 31 Desember 2022, RANC telah mengoperasikan 70 toko di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda dan Ambon, yang terdiri dari 19 Ranch Market, 35 Farmers Market, 2 The Gourmet by Ranch Market, 3 Day2Day by Farmers Market, 10 Keluarga Tani by Farmers Market, dan 1 Pasarina.

Terdapat juga beberapa momen penting dalam perkembangan RANC selama tahun 2022, di antaranya:

1. Pembukaan SBL Academy sebagai pusat pembelajaran.
2. Pembukaan Ranch Market Pulosari, Malang.
3. Program CSR HUT Market Hopping ke-24.
4. Program Berhemat untuk Keseimbangan Hidup.
5. Pembukaan Farmers Market Tokyo HUB PIK 2.
6. Pembukaan Pasarina oleh Ranch Market di Sarinah Jakarta.

Inovasi-inovasi dalam pengembangan RANC akan terus dilakukan untuk upaya mengantisipasi setiap tantangan yang datang. Ini akan selalu menjadi peluang yang baik bagi RANC untuk terus berkembang dengan mempertahankan strategi pengembangan usaha yang didukung oleh kemampuan teknologi digital seoptimal mungkin sehingga mempercepat dan memperkuat solusi omni channel yang diharapkan dapat mencapai pertumbuhan kinerja yang terus berkelanjutan.

“Berbagai Indikator menunjukkan prospek cerah yang akan mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kekacauan kinerja ekonomi global. Oleh karena itu, kami yakin bahwa Industri ritel merupakan salah satu sektor yang sangat Menjanjikan untuk terus berkembang di tahun-tahun mendatang, terlebih lagi dengan mulai menguatkannya kembali daya beli masyarakat,” tutup Johartono.

sekilas PT Supra Boga Lestari Tbk

PT Supra Boga Lestari Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di industri perdagangan ritel modern, dalam kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan produk khusus dengan format supermarket dengan merek “Ranch Market” dan “Farmers Market”.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Corporate Secretary PT Supra Boga Lestari Tbk
Email : corp sec@ranchmarket.co.id

*(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *