May 30, 2024

BRN | JAKARTA – Direktur Utama MBloc Group Handoko Hendroyono menyebut, program ini nantinya akan menjadi pusat studi Jenama atau brand. Nantinya, Mbloc Academy berperan sebagai pusat pengembangan studi jenama yang menyediakan ilmu, keterampilan, juga studi kasus nyata terkait jenama. Penerapan dari materi-materi dalam program akan dipandu dan didampingi oleh mentor yang merupakan praktisi.

“Program ini didukung oleh berbagai pihak, dari pemerintah, industry leaders, akademisi, hingga komunitas wirausaha se-Indonesia dengan materi-materi yang dibawakan berupa sharing session oleh ahli praktisi dan alumni Mbloc Academy, lab praktikum jenama, blended learning, dan studi kasus untuk membantu pengembangan jenama UMKM,” kata Handoko di acara launching Jenama Lab di Menara Kadin Jakarta, Rabu (07/06/2023).

Mengacu pada pengalamannya, Handoko menyadari kalau pembekalan terhadap jenama bagi pelaku UMKM menjadi penting. Termasuk kesadaran atas transparansi dalam proses bisnisnya.

“Saya kaget, ada satu pengalaman saya ketika ngomong pengembangan di kota, provinsi banyak yang mapan tapi gak bayar pajak. Saya kaget, saya bukan mau sok, tapi gimana kita mau nganalisa jadi bisnis lebih besar tapi pajak aja belum sadar,” paparnya.

“Jadi, variasi dari tipe-tipe kemajuan itu macam-macam sekali ada yang sangat lambat, UKM jadi kayak cuma istilah aja, ada yang sangat cepat. Kita harus pandai menyisir juga supaya clear,” ujarnya.  (LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *