June 21, 2024

BRN | TNI AL, Bengkulu,– Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S., bersama Gubernur Bengkulu Prof. DR. Rohidin Mersyah dan Forkopimda Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Olahraga Bersama dan Bersih Pantai (Coastal Clean Up), di Kawasan Obyek Wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Jumat (09/6/2023).

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menumbuhkan kesadaran semua pihak supaya terus membersihkan pantai, sehingga bebas dari polusi plastik dan polutan lain. Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi berasal dari jenis plastik sebesar 44% dan sampah kedua terbanyak lainnya sebesar 15%.

Danlanal Bengkulu mengatakan bahwa upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional, karena kegiatan ini selaras dengan Program Laut Bersih (Prolasih) TNI AL.

Danlanal Bengkulu juga menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai disuatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut. Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh berkolaborasi yang sifatnya kolektif, semangat sinergi dan kolaborasi ini juga melibatkan Pemerintah Kota dan Provinsi Bengkulu serta Instansi terkait lainnya dan tentunya dukungan dari masyarakat sekitar.

Pada akhir kegiatan tersebut, Danlanal Bengkulu menginformasikan terkait salah satu event TNI AL berskala internasional yang saat ini diselenggarakan di Kota Makassar yakni event 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 pada tanggal 5 hingga 8 Juni 2023 yang dihadiri 33 negara. “Event internasional ini merupakan salah satu wujud peran TNI AL dalam diplomasi internasional dan komitmen TNI AL dalam turut serta menjaga keamanan maritim,” tutupnya.

(Pen Lanal Bengkulu/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *