May 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 9 Juni 2023 ——- Latihan puncak TNI AL Armada Jaya XLI tahun 2023 akan segera digelar. Direncanakan pada tahun ini akan digelar dalam dua tahap yaitu tahap geladi pos komando (posko) dan geladi manuver lapangan (manlap). Dalam rangka mewujudkan kesamaan pemahaman terhadap skenario latihan yang telah disusun oleh Staf Perencana Latihan (SPL), Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto bersama seluruh Perwira Kolinlamil yang terlibat latihan Armada Jaya XLI mengikuti kegiatan briefing pelaku yang terpusat di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Kodiklatal) melalui video conference di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/6).

Latihan Armada Jaya XLI yang akan digelar pada bulan Juni 2023 selama kurang lebih tiga minggu ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur Pimpinan-Staf Komando Gabungan TNI dan Komando Tugas Gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan operasi gabungan TNI, meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut dan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT dan menguji doktrin Operasi Gabungan TNI. Seluruh Kotama Pembinaan dan Operasi TNI AL akan terlibat dalam latihan tersebut.

Sesuai dengan tugasnya dalam menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI dalam rangka OMP dan OMSP serta bantuan angkutan laut sesuai dengan kebijakan Panglima, dalam Latihan Armada Jaya XLI Kolinlamil akan memainkan peran sebagai Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi dengan Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. sebagai Panglima Kogasgabratmin. Dalam geladi lapangan Kolinlamil akan melibatkan unsur-unsur KRI-nya yang nantinya akan digunakan untuk mengangkut pasukan TNI AD yang tergabung dalam Komando Tugas Darat Gabungan (Kogasratgab).

Panglima Kolinlamil yang mengikuti briefing pelaku saat melaksanakan tugas kerja ke Makassar menyampaikan agar seluruh jajaran Kolinlamil yang tergabung dalam Kogasgabratmin untuk melaksanakan latihan Armada Jaya XLI ini dengan serius dan penuh semangat. Output dari pola pembinaan yang dilaksanakan selama ini salah satunya diukur dari hasil pelaksanaan latihan Armada Jaya ini. Sasaran yang hendak dicapai dalam latihan ini diharapkan dapat terwujud dengan hasil yang optimal. “Oleh karena itu keberhasilan latihan ini tidak semata-mata dilihat dari hasil produk latihan, namun dari semangat, kesungguhan, serta yang paling penting adalah pemahaman terhadap esensi dari proses pengambilan keputusan itu sendiri, sekaligus evaluasi serta koreksi terhadap langkah dan jalannya latihan Armada Jaya kali ini.” ungkap Panglima Kolinlamil.

Latihan puncak TNI AL Armada Jaya merupakan upaya untuk membangun sumber daya manusia TNI yang profesional dan unggul sesuai dengan strategi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam mewujudkan kekuatan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh guna mencapai kesiapan tempur dan kesiagaan operasi yang tinggi. Selain itu, latihan Armada Jaya juga menjadi wahana untuk menguji kesiapan tempur alutsista TNI AL sebagai implementasi dari Perintah Harian Kasal, tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *