May 30, 2024

BRN | TNI AL, Lantamal XII,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto mengikuti Apel Kesiapan Operasi Bina Karuna Tahap II Tahun 2023 dalam rangka Pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) serta Gakkum (Penegakan Hukum) di Wilayah Kalimatan Barat, bertempat di Lapangan Jananuraga Polda kalbar, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (15/06/2023).

Apel Kesiapan Operasi Bina Karuna Tahap II Tahun 2023 merupakan tanda keseriusan Polda Kalbar dan jajaran terkait untuk mencegah dan terjadinya kebakaran lahan dari pihak perusahan dan masyarakat serta pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada tahun 2022 kebakaran hutan dan lahan yang terbakar di Indonesia mencapai angka 204.894 hektar, angka tersebut turun 42,9% atau setara 153.973 hektar dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menyikapi hal tersebut, Polda Kalimantan Barat terus berkomitmen untuk terus serius dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kalimantan Barat dengan menggunakan prinsip kerja yang responsif, partnership dan solutif sehingga permasalahan terkait kebakaran hutan dan lahan dapat terselesaikan dengan baik.

Dalam amanatnya, Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., selaku Inspektur Apel menyampaikan “Laksanakan analisa dan evaluasi secara berkala dengan seluruh jajaran, segera laporkan kepada pimpinan untuk ambil kebijakan dan keputusan lebih lanjut”.

“Terima kasih atas kerjasama dan solidaritas selama ini agar terus dipertahankan dan ditingkatkan. Tetap utamakan kesehatan dan keselamatan diri dalam bertugas. Selamat bertugas, semoga menjadi ladang ibadah bagi kita semua,” ujarnya.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *