May 30, 2024

BRN | JAKARTA – Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran tahun 2023 telah kembali digelar. Acara tahunan yang diselenggarakan selama satu bulan dari tanggal 14 Juni – 16 Juli 2023 untuk memperingati HUT Jakarta ke 496 ini memang selalu menghadirkan sesuatu yang spesial. Hal yang tidak boleh ketinggalan saat ke PRJ Kemayoran adalah menikmati budaya dan berburu kuliner khas Betawi.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk berburu kuliner Betawi yang bersahabat dengan kantong dan menikmati budaya Betawi adalah Kampoeng Betawi.

Bamus Betawi Hadirkan Kampung Betawi Di PRJ KemayoranKampoeng Betawi tersebut berdiri di atas lahan seluas 700 meter. Di Kampoeng Betawi ini ada Rumah Betawi yang lengkap dengan panggung hiburan seni tradisional Betawi, serta tenda-tenda yang menyajikan kuliner khas Betawi.

Wakil Bendahara Umum Bamus Betawi, Farida Listuti selaku LO Kampung Betawi menyampaikan ucapan terimakasih kepada PRJ JI-Expo Kemayoran yang sudah memberikan kepercayaan kepada Bamus Betawi untuk mengisi kegiatan Kampoeng Betawi, atau disebut Pojok Kampoeng Betawi.

“Kami Bamus Betawi sebagai pelaksana berterimakasih kepada PRJ JI-Expo Kemayoran. Pelaksanaan Kampoeng Betawi di tahun 2023 ini berjalan dengan lancar, aman dan terkendali walaupun ada beberapa hal terjadi tapi itu wajar”, kata Farida, Selasa (20/06/2023).

Menurut Farida, di dalam Kampoeng Betawi banyak menyediakan atau menyuguhkan kuliner dan budaya-budaya Betawi, baik tarian, nyanyian, lomba-lomba, dan pada tanggal 21 Juni 2023 akan ada Malam Muda-Mudi di Kampoeng Betawi.

Selain menampilkan kesenian, Farida juga menyampaikan bahwa didalam area Kampoeng Betawi menyuguhkan proses pembuatan Dodol Betawi makanan ciri khas Betawi. Selain Dodol Betawi, tenda-tenda di Kampoeng Betawi juga menyuguhkan makanan khas Betawi lainnya seperti Kerak Telor, Toge Goreng, Kue Pancong, dan ada juga makanan yang hampir hilang seperti Biji Ketapang, Akar Kelapa, Rengginang, dan Sagon.

“Memang belum 100% khas Betawi dapat kita sajikan pada tahun ini. Tapi 50% kami sudah menyajikan ciri khas Betawi . Rasanya belum lengkap ke PRJ Kemayoran kalau belum mampir ke Kampoeng Betawi”, Farida mengingatkan.

Selain Farida, Ratu Yunita mengungkapkan bahwa biasanya mereka mandiri untuk masalah acara. Oleh karena itu dirinya selaku PIC kegiatan acara meminta kepada Dinas Kebudayaan DKI Jakarta untuk supportnya, dimana banyak binaan-binaan di Dinas Kebudayaan DKI Jakarta yang dapat di tampilkan di Kampoeng Betawi.

“Banyak yang dapat ditampilkan di Kampoeng Betawi ini. Seperti dari sisi pembawa acaranya, pengisi acaranya, apapun kebudayaan Betawi yang dapat ditampilkan di Kampoeng Betawi ini. Kami atas nama Bamus Betawi mohon bantuan kepada pihak Dinas Kebudayaan DKI jakarta dan juga kepada pihak Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk menggunakan Kampoeng Betawi yang ada Di PRJ Kemayoran ini sebagai tempat untuk berkembang dan menjaga kelestarian budaya Betawi”, kata Ratu Yunita.

Ratu Yunita juga menuturkan bahwa pada tanggal 25 Juni 2023 dengan eksistensinya Bamus Betawi akan mengundang ormas-ormas pendukung Bamus Betawi dengan membawa hantaran makanan ciri khas Betawi.

Untuk event PRJ Kemayoran 2023, Bamus Betawi dari hari pertama sampai dengan minggu ke dua, hampir setiap malamnya menampilkan atraksi-atraksi seperti tarian, gambang kromong, dan juga ada band-band anak muda yang membawakan lagu-lagu Betawi dan dari berbagai aliran musik.

“Dan kita juga dapat melihat di Kampoeng Betawi ada rumah Betawi dengan berbagai ornamen-ornamen atau atribut-atribut seperti Gigi Balang dengan nuansa noraknya, ada warna-warna kuning, hijau, ada ondel-ondel yang besar, ada ondel-ondel yang kecilnya dan juga ada Abang None dalam bentuk karikatur”, sambung Ratu.

Sebagai penutup Ratu Yunita menyampaikan bahwa dirinya mewakili salah satu Ormas pendukung Bamus Betawi mengucapkan banyak terimakasih kepada JI-Expo Kemayoran dan kepada managementnya yang sudah memberikan apresiasi kepada Bamus Betawi setiap tahunnya dengan memberikan tempat untuk memperkenalkan budaya dan makanan ciri khas Betawi.

“Tidak tertutup kemungkinan setiap tahunnya kami akan berbenah untuk lebih baik setiap tahunnya dan akan menjalin kerjasama dengan baik bersama PRJ JI-Expo Kemayoran. Untuk para pengunjung PRJ Kemayoran, jangan takut, di Kampoeng Betawi tidak mahal. Apapun makanannya, apapun hiburan yang kami usahakan semuanya nyaman dikantong dan nyaman ditelinga”, pungkas Ratu Yunita.   *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *