June 20, 2024

BRN | Wamena – Proses penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Indonesia bagian timur membutuhkan proses yang panjang dan menggunakan beragam transportasi. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus mengawasi penyediaan dan pendistribusian BBM tersebut, agar sesuai dengan baik.

“BPH Migas bersama badan usaha (Pertamina Patra Niaga) berupaya keras memastikan pendistribusian BBM secara nasional tersalurkan secara aman, sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing tanpa kecuali”, tutur Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra ditemui dalam kegiatan Seminar Umum Kebijakan Hilir Migas bersama Komisi VII DPR RI di Wamena, Pegunungan Papua, Kamis (22/06/2023).

Yapit menambahkan, terkait pendistribusian BBM sampai ke masyarakat di wilayah Papua Pegunungan dengan moda pesawat sedang menantang. Untuk itu, BPH Migas menjalankan fungsi pengawasan agar BBM sampai ke masyarakat. Selain itu, juga mencegah terjadinya potensi subsidi BBM yang dikonsumsi oleh masyarakat yang tidak berhak.

“BBM bersubsidi tidak boleh menerbitkan kembali di level label, karena harganya akan luar biasa. Sehingga mengorbankan jatah BBM untuk masyarakat yang sesuai peruntukkan”, imbuh Yapit.

Hal tersebut diamini oleh Anggota Komisi VII DPR RI Ina Elisabeth Kobak. Menurutnya, DPR RI dan BPH Migas terus bekerja sama melakukan pengawasan demi menjaga stabilitas pendistribusian BBM di wilayah Pegunungan Papua.

“Lebih penting lagi, karena Kabupaten Jayawijaya menjadi kabupaten kunci bagi wilayah Pegunungan Papua. Dapat dipastikan menjadi penyangga dalam mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan BBM masyarakat di wilayah kota/kabupaten lain”, ungkap Ina.

Usai pertemuan, Yapit melakukan proses pembinaan bongkar muat BBM yang diangkut menggunakan moda pesawat dari Fuel Terminal (FT) Jayapura menuju Bandara Wamena, dan dikirimkan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) setempat. Hal ini dilakukan untuk memastikan BBM tersalurkan dengan aman.

Turut hadir dalam kegiatan Seminar Umum yaitu Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Papua Selatan dan Pegunungan Toni Pradana dan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Pegunungan dan Kabupaten Jayawijaya.

*(Humas/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *