June 20, 2024

BRN | TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., mendampingi Paban II Puanpotmar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., M.Han., dalam rangka membuka Penataran Kemampuan Potensi Maritim Tersebar (Tarpuanpotmar) Lanal Bintan TA. 2023, bertempat di Gedung Serbaguna Fasharkan Mentigi, Tanjung Uban Kota, kecamatan Bintan Utara, Bintan, Senin (26/06/2023).

Kegiatan Tarpuanpotmar Lanal Bintan TA. 2023 yang dilaksanakan dari tanggal 26 sampai dengan 27 Juni 2023 tersebut mengambil tema “Melalui Tarpuanter Tersebar Kita Tingkatkan SDM Potmar Dalam Rangka Menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang Yang Tangguh”. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan ketua acara kepada pimpinan acara, kemudian penyematan tanda peserta penataran dan amanat Aspotmar Kasal yang dibacakan oleh pimpinan acara.

Dalam amanatnya, Paban II Puanpotmar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., M.Han., mengatakan bahwa kegiatan Penataran Kemampuan Teritorial Terpuanter TA. 2023 adalah agenda yang kedua dilaksanakan di jajaran Lanal, yang pertama kita laksanakan di Lanal Louksemawe, kemudian hari ini kita laksanakan di Lanal Bintan, apalagi Lanal Bintan ini cukup baru dan juga Komandan Lanalnya pun juga termasuk baru, kemudian disini juga ada Satdik yang harus kita pantau dan monitor yang memang khusus merekrut calon prajurit laut yang berada di kawasan pulau terluar seperti pulau Tarempa dan Ranai, yang intinya personel yang nantinya akan disiapkan di pos-pos TNI Angkatan Laut.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sesuai kebijakan Kasal, para Babinpotmar itu adalah sebagai agen perubahan dan sebagai ujung tombak untuk kegiatan dan pembinaan potensi maritim, dimana dalam UU TNI No. 34 tahun 2004 salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan perberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla), itu sudah secara tegas memerintahkan kita Angkatan Laut untuk melaksanakan pembinaan pemberdayaan melalui kegiatan potensi maritim, secara tatap muka dan selalu berkordinasi untuk selalu mensosialisasikan potensi maritim yang ada di kawasan, karena personel yang ada di Lanal Bintan sebagian berasal dari lulusan Satdik 1 yang notabene sebagian besar berasal dari Bintan dengan harapan untuk disiapkan sebagai pengawak Posal maupun Posbinpotmar, sehingga tentunya sudah mengetahui betul bagaimana karakter masyarakat setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Paban II Puanpotmar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E., M.Han., Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., Pabandya II Kompem Letkol Laut (KH) Drs. Josdi Danopolii, Pabandaya Binpers Spotmaral Letkol Laut (H) Mujahidin, S.H., Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto, Pasminlog Lanal Bintan Mayor Laut (T) Mayor Laut (T) Agung Wijayanto A.Md., Ka. Akun Lanal Bintan Mayor Laut (S) Andi Arwin, Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti, Pasintel Lanal Bintan Mayor Laut (P) Mugiyono, Dandenpom Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A Pardede S.S., M.Han., serta Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN.

(Pen Lanal Bintan/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *