May 30, 2024

BRN | TNI AL, Bintan,- Bertempat di Lapangan Hang Tuah Lanal Bintan telah diselenggarakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1444 H/ 2023 M, bertindak sebagai Iman Ustadz Muhammad Iqbal Ramadhan, S.E., dengan Khatib Kepala Kantor Urusan Agama Ustadz Drs. H. Muhammad Isa Ansory dan Bilal Ustadz H. Joni Ahmad, S.Ag., dengan mengambil tema “Jadikanlan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M Sebaga Sarana Meningkatkan Ketaqwaan dan Pengabdian”, Kamis (29/06/2023).

Dalam khotbahnya, Khatib mengatakan bahwa Idul Adha identik dengan berkorban dimana Nabi Ismail bisa menjadi suri tauladan bagi kita semua. Peristiwa bersejarah tersebut khususnya bagi umat Islam diseluruh dunia mencerminkan ketabahan seorang anak yakni Nabi Ismail AS, karena perintah Allah SWT rela mengorbankan dirinya disembelih oleh ayahnya sendiri yakni Nabi Ibrahim AS sebagai bentuk ketaatannya pada Allah SWT, dan Allah SWT menggantikan posisi Nabi Ismail AS dengan seekor domba gemuk dari surga sehingga posisi Nabi Ismail terselamatkan serta Nabi Ibrahim lulus dari ujian Allah SWT atas ketaatannya melaksanakan perintah Allah SWT.

Selesai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan qurban secara simbolis dari Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., kepada Ketua Panitia Qurban Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti, untuk selanjutnya dilaksanakan pemotongan hewan qurban dan penyaluran daging kurban kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia Perayaan Idul Adha dan utamanya ucapan terima kasih kepada para penyumbang hewan qurban baik dari personel TNI, swasta maupun masyarakat yang telah turut serta berpartisipasi dalam merayakan Idul Adha, yang nantinya hewan kurban akan disalurkan kepada yang berhak menerima. Demikian juga ucapan Alhamdulillah bahwa tahun ini kita semua dapat menyelenggarakan Sholat Idul Adha serta pemotongan hewan qurban, ramah tamah berbaur dengan jajaran TNI AL yang ada di Tanjung Uban dan warga masyarakat sekitar, sehingga kedekatan Lanal Bintan dengan masyarakat semakin terasa.

(Pen Lanal Bintan/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *