May 30, 2024

BRN | TNI AL, Dumai,- Dalam rangka persiapan menghadapi Uji Pangkalan Glagaspur Tingkat P1 dan P2 Tahun 2023, Prajurit Pangkalan TNI AL Dumai melaksanakan latihan menembak dan berenang untuk mengasah serta mengetahui kemampuan menembak dan berenang tiap-tiap prajurit. Pelaksanaan latihan menembak dilaksanakan di Lapangan Tembak Satradar 232 Dumai, sementara untuk latihan renang dilaksanakan di Kolam Renang Simanalagi Bukit Nenas, Bukit Kapur Kota Dumai, Senin (03/07/2023).

Dalam latihan menembak, kegiatan diawali dengan pembekalan kepada peserta menembak, dilanjutkan dengan penentuan titik nol benar untuk senjata laras panjang SS-2 dengan 3 butir amonisi untuk tembakan percobaan jarak 20 meter dan untuk penilaian 20 butir jarak 100 meter dengan masing-masing sikap tiarap, duduk, dan berdiri. Sedangkan untuk Pistol jarak 10 meter untuk tembakan percobaan, 10 butir amonisi untuk tembakan penilaian pertama jarak 15 meter dan 10 butir untuk tembakan penilaian kedua jarak 20 meter.

Sementara untuk memaksimalkan keterampilan berenang dilaksanakan latihan water trappen selama 10 menit, renang biasa jarak 25 meter dan renang militer dengan bersenjata jarak 25 meter.

Pelaksanaan latihan ini juga sejalan dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, yaitu tingkatkan kesiapan operasional, baik Alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Dandenpomal Lanal Dumai Mayor Laut (PM) James Siahaan, PgS. Danunit Intel Lanal Dumai Lettu Laut (T) Ricardin Rafsanjani, S.T.Han., PgS. Pasops Lanal Dumai Letda Laut (P) Dian Sri Hariyadi S., Kepala Balai Pengobatan Lanal Dumai Letda Laut (K/W) dr. Putri Yuniarti, Para Danposal Jajaran Lanal Dumai, Perwira Staf, serta Prajurit Lanal Dumai.

(Pen Lanal Dumai/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *