October 19, 2024

BRN | JAKARTA – Selasa (26/09/2023), dimulai pukul 09.30 wib, bertempat di Ballroom 1 F hotel Pullman, Jakarta, diadakan acara pameran “New Taipei City Trade Show in Indonesia”. Pameran menampilkan beberapa vendor mengenai produk teknologi yang dihasilkan oleh negara Taiwan.

Event ini merupakan bentuk kerjasama antara Indonesia dan Taiwan dalam pengembangan sektor industri teknologi memasuki era 5.0. Implementasi dan pengembangan teknologi seperti IT, daya tenaga listrik dan lainnya ditampilkan dalam acara tersebut.

Acara juga melakukan penandatanganan MoU antara pihak dari Taipei dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi dan Informasi Komunikasi Nasional, sebagai bentuk kerjasama antara Indonesia dan Taiwan dalam kerjasama pengembangan teknologi dan Informasi dikeduabelah pihak.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Sheng Hsiao Rung (Deputy Komisioner Departemen Pembangunan Ekonomi Taiwan), Iken Retnowulan (Direktur Hubungan Industri Internasional Kementerian Perindustrian), Ir. Soegiharto Santoso (Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi Komunikasi Nasional-Aptiknas) dan beberapa pelaku bisnis dan vendor penyedia perangkat teknologi dan Informasi dari Taiwan.

Dalam menanggapi acara tersebut, Iken Retnowulan mengatakan bahwa strategi internasional yang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian hadir sebagai bentuk kerjasama dengan Taiwan.”Walaupun $memang secara hubungan diplomatik tidak ada, tetapi sebetulnya dengan hubungan bisnis ini, negara Taiwan merupakan salah satu bagian dari negara industri digital atau terkait dengan digital. Saya dari Kementerian menyampaikan bahwa ada program yang terkait dengan industri 4.0, rasanya cocok dengan kegiatan yang ada di kementerian perindustrian untuk mengembangkan teknologi. Kedepan harapan kami semoga akan banyak kolaborasi bisnis to bisnis di sektor industri digital, teknologi, informasi dan komunikasi, ” harap Iken.

Hal senada juga diungkapkan ketua umum Aptiknas, Ir. Soegiharto Santoso. “Jadi pertama kami ingin sampaikan memang menjalin kerjasama dengan pihak Taiwan sudah lama sekali, ya sudah sekitar 13 tahun yang lalu diadakan even dan berjalan terus. Kami juga bermitra untuk pembangunan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi), ” pungkas Hoky, sapaan nya.

Kemudian Hoky menambahkan, “Kita sudah bekerjasama melalui organisasi APTIKNAS sejak 1991, jadi sudah 32 tahun dan tahun 2017 bertransformasi tidak hanya mengenai komputer, namun teknologi informasi. Dengan kedepan akan dibangun nya beberapa smart city yang akan dikaitkan dengan dunia teknologi informasi. Apa yang dikatakan oleh Sheng Hsiao Rung (Deputy Komisioner Departemen Pembangunan Ekonomi Taiwan) dan Iken Retnowulan (Direktur Hubungan Industri Internasional Kementerian Perindustrian), akan tercipta hubungan bisnis dan teknologi yang berkembang pesat antar Taiwan dan Indonesia.”

“Di tahap pertama tentu terjadi transaksi bisnis, artinya kalau terjadi transaksi bisnis yang menguntungkan kedua pihak yang baik secara pengusahanya di Taiwan maupun pengusaha di Indonesia. Tentu itu juga berdampak kepada pemerintah baik Indonesia maupun Taiwan, jadi tentu kegiatan-kegiatan ini saya berharap bisa berjalan baik dan terjadi transaksi dan berkelanjutan, karena event ini kan baru perkenalkan. Kemudian kami mungkin para penguasa di Indonesia menjadi tahu ada solusi dan bisa membantu di berbagai bidang kan semua ke depan. Memang menggunakan teknologi informasi bagi kita semuanya, ” harap Hoky.

Pameran tersebut berlangsung dari tanggal 26 hingga 27 September 2023.    *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *