April 23, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 18 Januari 2024 ——- Sebagai wujud kepedulian terhadap rakyat sipil korban konflik Gaza, TNI Angkatan Laut berkontribusi dalam mengumpulkan dan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk para korban konflik Gaza dari seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, bertempat di Dermaga Kolinlamil,Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (18/1). Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., melepas upacara keberangkatan kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang mengangkut bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza, yang turut dihadiri Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(J) M.A., M.M.S., CHRMP dan Pejabat Utama TNI-Polri.

Menhan RI dalam sambutannya menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo kepada tim Satgas dan berpesan untuk memperhatikan hukum-hukum internasional, mengingat kawasan laut yang dilewati sangat berbahaya dimana saat ini tengah berkecamuk perang. Ini bukti kita terus mendukung rakyat Palestina dalam perjuangannya membela diri, perjuangan untuk meraih kemerdekaan dan sebagaimana diketahui Indonesia selalu dukung perjuangan rakyat Palestina.

“Kita adalah negara yang tidak terlibat dalam perang, tetapi kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita di Palestina.” ujar Menhan.

Menhan Prabowo mengecek langsung kesiapan KRI dan personel yang akan berangkat mengantar bantuan untuk rakyat palestina di Gaza, Menhan berbicara langsung dengan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Muhibah/Port Visit ke Mesir 2024 Laksamana Pertama TNI Bimo Aji yang memimpin misi kemanusiaan antar bantuan dari rakyat Indonesia untuk Palestina.

Sementara itu Komandan KRI dr.Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, yang mengangkut 214 kru dijadwalkan berlayar selama 52 hari dari Jakarta ke Batam menuju El Arish, Mesir dan kembali ke Tanah Air, tetapi dijadwalkan untuk port visit di Jeddah, Arab Saudi. Dari 214 kru ada 40 diantaranya merupakan pasukan khusus TNI AL. Bantuan yang dibawa di KRI dr Radjiman terdiri dari pampers, pakaian anak-anak, pakaian dewasa, susu, biskuit, air mineral galon dan air mineral kardus, obat-obatan, selimut, jaket dan mie instan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menyampaikan peristiwa di lingkup global yang perlu menjadi perhatian diantaranya konflik yang terjadi di Gaza.

“TNI AL berkomitmen untuk memberikan pengabdian terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia maupun Internasional seperti dalam hal ini bantuan kemanusiaan.” Ungkap Kasal.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *