April 20, 2024

BRN | Jakarta – Mendekati pesta demokrasi 2024, dimana jumlah pemilih baru yang akan menggunakan hak pilihnya pertama kali, SMAN 53 Jakarta Timur menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Pemilu 2024 dengan tema “Pemilih Pemula yang Cerdas”. (Kamis, 18 Januari 2024)

Bertempat di Aula pertemuan SMAN 53 Jakarta Timur, yang terletak di Jl. Cipinang Jaya II, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur, Sosialisasi dan Pembinaan ini mengundang Narasumber Tunggal, Bapak Denny Agiel Prasetyo dari Rumah Kerja Pancasila.

Dalam kesempatan tersebut, dihadiri pula oleh Ketua Komite SMAN 53 Jakarta Timur, Bapak Ir. Agung Karang, dimana juga merupakan Ketua Umum GPIB (Gerakan Pendidikan Indonesia Baru) yang sangat peduli dengan dunia pendidikan.

Dalam pemaparannya, Denny Agiel Prasetyo menjabarkan secara gamblang tentang arti Pemilu dan penggunaan hak pilih.

“Pemilu I dilaksanakan pada tahun 1955, yang melahirkan 4 Partai Besar PNI, Partai NU, Partai Masyumi dan PKI, dimasa pemerintahan Presiden Soeharto, dilakukan fusi-fusi partai yang mengerucut pada 3 partai, PPP, Golkar dan PDI. Pada tahun 1998, era Demokrasi terbuka, Jumlah Partai cukup banyak” paparnya lagi.

Peserta yang merupakan siswa SMAN 53 Jakarta Timur dari kelas XII, yang telah memiliki hak pilih pertama kalinya dalam pesta demokrasi pada 14 Februari 2024.

“Menggunakan hak pilih adalah sebuah cara untuk ikut dalam pesta demokrasi. Pentingnya menggunakan hak pilih adalah ikut serta di dalam kelangsungan berjalannya pemerintahan Republik Indonesia. Dengan konsep one man, one vote, maka telah ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum yang demokratis dalam politik dan pemerintahan di Indonesia,” ungkap Denny kemudian.

“Pemilih yang cerdas adalah pemilih yang mencari tahu identitas dan rekam jejak calon yang akan di coblos pada pemilu tersebut,” tutupnya.

Kepala Sekolah SMAN 53 Jakarta, Dra. Herawati Sihombing mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pemilih pemula yang saat ini masih siswa SMAN 53 Jakarta Timur, untuk menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin.

Ditempat yang sama, Ir. Agung Karang selaku ketua Komite Sekolah mengungkapkan apresiasinya terhadap SMAN 53, “Yang dilakukan SMAN 53 ini adalah langkah positif dalam ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi di Februari 2024 mendatang, dengan memberikan wawasan awal bagi pemilih pemula yang telah berusia 17 tahun dan masih bersekolah di SMAN 53 Jakarta.”

*(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *