April 18, 2024

BRN | Berita Kolinlamil TNI AL, 24 Januari 2024 ——- Ada sebuah pepatah mengatakan Kenangan adalah harta hati yang tak lekang oleh waktu, sebuah kenangan niscaya tidak akan pernah pudar mengingat kenangan sangatlah penting. Dalam hal ini, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memfasilitasi kunjungan Paguyuban Ex Tamtama Remaja TNI AL 80/W beserta keluarga untuk melaksanakan Warship Tour di kapal perang KRI Teluk Calang-524 yang tengah sandar di Dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara Rabu (24/1). KRI Teluk Calang-524 merupakan kapal perang jenis LST (Landing Ship Tank) yang di bawah jajaran Kolinlamil nama Teluk Calang sendiri diambil dari nama sebuah Teluk di Aceh Jaya Nanggroe Aceh Darussalam.

Paguyuban Ex Tamtama Remaja TNI AL 80/W adalah Purnawirawan TNI AL tahun 1980 Wamil (Extra 80/W) bersekretariat Jl Jagakarsa Jakarta Selatan. kedatangannya di KRI Teluk Calang – 524 dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan kemaritiman disambut langsung oleh Komandan KRI Teluk Calang – 524 Letkol Laut (P) Yanuar Rizky Wijaya. Selama di KRI Teluk Calang-524 mendapatkan penjelasan dari prajurit KRI tentang tata cara keluar masuk KRI serta tradisi diajak keliling untuk mengenal lebih dalam fasilitas dan teknologi yang ada di kapal perang dengan penuh keramahan memandu dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan terkait segala hal baik peralatan maupun fasilitas yang ada di KRI Teluk Calang – 524.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Ketua Purnawirawan TNI AL tahun 1980 sekaligus penanggung jawab kegiatan, Nasirun. T. Dinata menyampaikan bahwa para Ex Tamtama Remaja TNI AL 80/W beserta keluarga sangat antusias untuk melihat dari dekat kapal perang TNI Angkatan Laut yang selama ini hanya mereka lihat di pemberitaan.

Dalam kegiatan tersebut Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo mengatakan bahwa Kolinlamil memberikan kesempatan lembaga pendidikan maupun masyarakat umum untuk dapat mengikuti program warship tour yang telah dicanangkan oleh Kolinlamil sebagai wahana untuk publikasi alusista TNI AL yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, untuk mengobati rasa ingin tahu dan rasa penasarannya tentang segala hal yang ada di kapal perang. Tidak hanya berlaku bagi pelajar sekolah, wisata edukasi juga terbuka untuk kelompok atau organisasi kemasyarakatan.

Untuk bisa memanfaatkan program warship tour di Kolinlamil warga masyarakat maupun lembaga pendidikan tidak dipungut biaya gratis. Cukup melaksanakan ketentuan yang berlaku selama berada di Kesatrian Mako Kolinlamil dan tentunya yang berada di KRI. Hal ini juga bagian dari pembelajaran untuk melatih disiplin dan patuh pada aturan.” ungkap Kolonel Teguh Iman.

Lebih lanjut Aspotmar Pangkolinlamil menyampaikan, sesuai arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(J) M.A., M.M.S., CHRMP, jajaran Kolinlamil untuk terus melaksanakan publikasi TNI AL kepada seluruh warga masyarakat guna mewujudkan soliditas serta sinergitas TNI AL dengan segenap komponen bangsa dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada maupun dengan program kerja yang langsung memberikan dampak positif kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan wujud dari komitmen dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa keberadaan prajurit TNI AL harus memberikan manfaat kepada masyarakat dan selalu menjaga citra positif TNI AL di tengah-tengah masyarakat dengan kinerja yang optimal. (Dispen Kolinlamil/LI)

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *