April 18, 2024

BRN | TNI AL, Lhokseumawe,- Forkopimda Lhokseumawe melakukan kunjungan ke Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Palu-523 Class AT jajaran Satlinlamil 1 Jakarta yang saat ini sedang berlabuh di Pelabuhan Krueng Geukueh, Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Sabtu (27/01/2024).

Terlihat menaiki KRI tersebut diantaranya, Dandrem 011/Lilawangsa, Dandim 0103/Aceh Utara, Kejari Lhokseumawe, Kabag Humas Kota Lhokseumawe, dan Asisten II Lhokseumawe. Kunjungan tersebut didampingi oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto dan disambut baik oleh Komandan KRI Letkol Laut (P) Ardian Widjakarto D., M.Tr.Opsla.

Mereka berkunjung ke kapal perang yang berada dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lhokseumawe ini berkunjung untuk melihat-lihat kapal perang buatan anak dalam negeri ini.

Komandan Resort Militer (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan dalam kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Komandan KRI Teluk Palu-523 yang telah menyambut dengan ramah kedatangan Forkopimda Lhokseumawe.

“Kalau saya pribadi sudah beberapa kali naik ke kapal perang, tapi kalau kapal yang ini belum dan sangat luar biasa Kapal Perang TNI AL KRI Teluk Palu-523 ini. Peran KRI dalam mendukung tugas perbatasan sangat besar terutama dalam dukungan angkutan laut militer Satgas Pamtas,” ujar Dandrem 011/Lilawangsa.

Sementara itu, Komandan KRI Teluk Palu-523 mengungkapkan selama lintas laut dari Dermaga Kolinlamil Jakarta dan Pelabuhan Umum Dumai kemudian singgah ke Pelabuhan Umum Belawan dengan lancar dan aman. Seluruh prajurit dalam kondisi yang sehat, tanpa kendala apapun.

Terpisah dari kegiatan Forkopimda, di geladak haluan KRI Teluk Palu-523 terlihat juga dikunjungi oleh pelajar dari SMKN 1 Muara Batu, SMKN 6 Lhokseumawe, dan pejalar dari MTS Darul Ma’rifah Banda Baroeh.

Para pelajar tersebut terlihat gembira karena mendapatkan pengalaman pertama mereka menaiki Kapal Perang TNI AL tentunya dengan pengawalan ketat oleh Prajurit KRI tersebut.

Danlanal Lhokseumawe berharap dengan kegiatan studi tour mereka ke KRI Teluk Palu-523 ini dapat membangkitkan semangat dan keinginan para pelajar di Kabupaten Aceh Utara dan Lhokseumawe selaku generasi penerus bangsa Indonesia untuk menjadi bagian dari Angkatan Laut dan ikut serta membangun Indonesia dalam bidang kemaritiman.

(Pen Lanal Lhokseumawe/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *