April 15, 2024

BRN | Jakarta, 1 Februari 2022 ——- Disiplin adalah napas prajurit, untuk itu setiap prajurit TNI AL harus memiliki kedisiplinan yang tinggi karena dengan kedisiplinan maka tata tertib dan semua aturan yang telah dibuat untuk mengatur tata kehidupan prajurit baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kedinasan dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan. Bertolak dari hal tersebut, Polisi Militer Komando Lintas Laut Militer menggelar Operasi Simpatik Gabungan di Jalan Raya Pelabuhan Pos 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/2).

Kegiatan dimulai sejak pukul 06.00 WIB dimana para petugas POM Kolinlamil telah berdiri di pertigaan lampu merah Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok. Para prajurit yang berkendaraan dinas maupun kendaraan pribadi secara tertib memperlambat laju kendaraannya. Demikian pula halnya dengan pengguna kendaraan roda dua dari masyarakat yang melintas di titik pemeriksaan. Sasaran Operasi Simpatik Gabungan adalah kelengkapan kendaraan bermotor yaitu SIM dan STNK serta kelengkapan kartu identitas prajurit bagi anggota militer.

Secara tertib dan teratur para petugas menghentikan kendaraan bermotor yang dikendarai prajurit maupun warga masyarakat dengan tetap mengatur arus lalu lintas di sekitarnya agar tidak timbul kemacetan. Mereka dengan sopan meminta pengendara untuk menunjukkan surat-surat kendaraan dan kelengkapan kartu identitas prajurit. Kegiatan operasi penertiban dilaksanakan secara berkesinambungan guna menjaga ketertiban dan disiplin bagi prajurit serta pengguna jalan lainnya dalam berlalu lintas.

Komandan Polisi Militer Kolinlamil Letkol Laut (PM) James R. Naiborho yang turun langsung mengikuti kegiatan menyampaikan bahwa Operasi Simpatik Gabungan digelar dengan melibatkan personel Pomal dari Puspomal, Pom Lantamal III Jakarta, Pom TNI AD dan personel Satlantas Polres Jakarta Utara. “Operasi ini secara rutin dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan meningkatkan kedisiplinan khususnya prajurit Kolinlamil terhadap aturan dan hukum. Bagi pengendara yang kedapatan melakukan pelanggaran akan kita catat dan diberi peringatan.” ujarnya.

Lebih lanjut, Komandan POM Kolinlamil menyampaikan bahwa operasi tersebut digelar sebagai tindak lanjut dari arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(J) M.A., M.M.S., CHRMP agar POM Kolinlamil mengantisipasi dan mencegah keterlibatan prajurit dalam pelanggaran lalu lintas dan pelanggaran lainnya serta menjaga tingkat disiplin prajurit khususnya dalam hal kelengkapan dokumen yang harus dimiliki dan dibawa ketika mengendarai kendaraan bermotor. Seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan Operasi Simpatik Gabungan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *