April 18, 2024

BRN, Berita Kolinlamil TNI AL, 26 Februari 2024 ——- Sebagai negara yang memiliki wilayah laut yang sangat luas membawa konsekuensi bagi Indonesia untuk berperang menghadapi berbagai pelanggaran hukum di laut dan kejahatan transnasional seperti, illegal fishing, illegal trading, illegal mining, drug trafficking, people smuggling dan beberapa tindak pelanggaran hukum lainnya. Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan guna penegakan hukum di laut, Dinas Hukum Kolinlamil menggelar Latihan Fungsional Triwulan I tahun 2024 yang digelar di Hanggar Helly KRI Teluk Palu-523 yang saat ini tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (26/2). Latihan Fungsional Diskum Kolinlamil ini dibuka oleh Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Makana Rarun, M.Tr.Opsla.

Asops Pangkolinlamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa Latihan Fungsional ini salah satu wujud pembinaan personel di bidang hukum khususnya Prosedur Tetap Keamanan Laut (Protap Kamla) adalah pemberian pembekalaan materi hukum tentang kewenangan dan klasifikasi tindak pidana perikanan bagi prajurit TNI Angkatan Laut khususnya unsur-unsur Kolinlamil.

Latihan Fungsional ini dilaksanakan sebagai sarana bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit Kolinlamil dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit matra laut agar mampu menghadapi setiap tantangan tugas dan permasalahan yang dihadapi. “ Saya berharap kepada peserta sekalian agar mengikuti setiap materi latihan fungsional Diskum Kolinlamil yang disampaikan oleh para instruktur dengan penuh semangat, agar dapat menambah wawasan para peserta sekalian dalam memahami tentang kewenangan dan klasifikasi tindak pidana perikanan sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit Kolinlamil.” Ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Asops Pangkolinlamil menyampaikan penekanan dari Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j)., M.A., M.M.S., CHRMP agar prajurit jajaran Kolinlamil selalu mengisi diri dengan terus belajar tentang hukum yang terkait dengan tugas-tugas TNI AL mengingat setiap pelaksanaan tugas selalu bersinggungan dengan aturan hukum, dan agar prajurit jajaran Kolinlamil wajib hukumnya untuk mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan yang terkait dengan jati dirinya sebagai prajurit matra laut. Setiap pelanggaran hukum selalu membawa konsekunsi bagi pelakunya. Oleh karena itu, dalam suatu kegiatan penegakan hukum harus sesuai dengan hukum itu sendiri sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur.

(Dispen Kolinlamil/LI)

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *