July 25, 2024

BRN, Jakarta – The 24″ Jakarta International Handicraft Trade Fair INACRAFT 2024) adalah pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara akan digelar untuk ke-24 kalinya pada tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Henny Adli, adalah perempuan tangguh yang turut berpartisipasi dalam INACRAFT 2024. Perempuan asal Sumatera Barat ini membawa Bordir Karancang, Tenun Songket dan Sulaman khas Sumatera Barat, yang terinspirasi dari flora, fauna dan adat istiadat yang ada di tanah urang awak ini.

Selain nama, Henny Adli juga menjadi Brand dari Kerajinan tangan yang dirintisnya sejak tahun 1990, dan buah tangannya telah bertebaran di berbagai penjuru dunia. Telah puluhan kali, Henny Adli memamerkan karya-karyanya di berbagai event di luar negeri.

“Karya Henny Adli, adalah buatan tangan sendiri, mulai dari penenunan awal, bordir Karancang hingga menjadi selendang atau yang lainnya, semuanya dikerjakan dengan tangan,” ujarnya kepada awak media, Rabu, 28 Februari 2024.

“Saya berulang kali dipanggil untuk memamerkan Henny Adly Collection di Istana Negara, terakhir kami menggelar selama 6 bulan di sana,” lanjutnya.

“Pembuatan 1 buah selendang saja dapat memakan waktu berbulan-bulan dan bahkan ada yang 1 tahun, oleh sebab itu harganya pun terbilang cukup mahal berkisar antara 20 hingga 30 juta untuk setiap helainya,” lanjutnya.

“Saya teringat ujar Gibran Rakabuming Raka, yang baru-baru ini membawa Koleksi Hanny Adly ke Belanda, dan berujar, saya ingin membuat Gallery yang berisi karya tangan anak bangsa di Belanda, agar bisa bersaing kualitas dengan negara-negara lain di dunia,” ujarnya mengutip dari perkataan Gibran, saat bertemu dengannya.

“Saya berharap, pasca INACRAFT 2024 ini, karya hasil tangan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Sumatera Barat secara khusus, dapat dikenal dan memicu perkembangan UMKM di berbagai daerah,” tutupnya.   *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *