April 18, 2024

BRN, JAKARTA РMemasuki hari terakhir International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2024, Minggu, 03 Maret 2024, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) diserbu ribuan pengunjung, baik untuk berbelanja maupun hanya sekedar melihat kerajinan tangan asli Indonesia yang dipamerkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ibu Dra. Endang Sri Hariantie, Isteri Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, yang datang usai menghadiri Ulang Tahun Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional).

Ditemui oleh Awak Media, Ibu Endang mengungkapkan bahwa “untuk saat ini, saya sangat bangga, karena kerajinan-kerajinan kita sudah dikenal, dan bersaing dengan luar negeri, para pengrajin sudah sadar untuk semakin meningkatkan kualitas kerajinan yang siap untuk dipasarkan,” ucap Ibu yang menyukai tenunan asal Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dari Dekranasda sendiri terus melakukan pembinaan kepada pengrajin, di tahun 2023 lalu, kami (Dekranas) bekersama dengan Kemendikbud membina 2.000 peserta pelatihan menenun, yang pasca pelatihannya juga diberikan bantuan alat tenun dan peralatan lainnya, dimana kami berharap di tangan mereka, kerajinan-kerajinan tangan khas Indonesia, dilestarikan terus menerus,” ungkap Ketua Bidang Wirausaha Baru di Dekranas.

“Saya berharap para pelaku UMKM dapat meningkatkan mutu dari kerajinan yang mereka buat, yang tentu secara otomatis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, baik dalam negeri maupun di luar negeri,” tutupnya.¬† *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *