April 16, 2024

BRN, Tangerang – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamaan, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto secara resmi membuka Kejuaraan Nasional Karate Piala Ketua Umum Pengurus Besar Forum Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) 2024. Prosesi pembukaan kompetisi ini digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (6/4/2024).

Kejurnas Karate yang mempertemukan atlet lintas provinsi dan perguruan ini akan digelar hingga Jumat (8/4/2024). Menko Polhukam yang juga Ketua PB FORKI menyebut, kompetisi ini tidak sekadar mencari juara. Lebih dari itu, menjadi ajang pencarian bakat para atlet dari provinsi dan perguruan untuk masuk pembinaan tingkat nasional.

“Event yang digelar oleh pengurus pusat FORKI ini adalah untuk menyeleksi dan memantau altet-atlet yang berbakat dan berkualitas untuk diproyeksikan dalam rangka pembinaan nasional. Dalam menghadapi event level regional dan internasional,” kata Hadi dalam sambutannya.

Lebih jauh, Menko Polhukam menyebut karate saat ini menjadi salah satu olahraga unggulan yang masuk pembinaan olahraga nasional. Tepatnya melalui program yang dijalankan Kementerian Pemuda dan Olahraga bernama program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Itu karena karate konsisten memberikan kontrribusi pada olahraga nasional melalui sumbangan medali untuk Indonesia di setiap kegiatan multievent internasional seperti SEA Games dan Asean Games,” kata Hadi.

Menurutnya, label unggulan yang disematkan pada cabang olahraga karate bukan hanya hasil kerja para pengurus pusat, tapi juga para pengurus provinsi dan perguruan. “Kepercayaan ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan,” kata Menko Polhukam.

Dalam sambutan pembuka Kejurnas tersebut, Menko Polhukam juga menyinggung level atlet karate Indonesia yang bisa berbicara banyak di ranah internasional. Saat ini, terdapat 5 atlet nasional yang masuk jajaran 30 besar dunia untuk kategori senior, satu di antaranya bahkan masuk tiga besar dunia.

Hadi Tjahjanto mengatakan, hal yang harus dilakukan saat ini adalah memperbanyak jumlah atlet nasional yang bisa masuk level tersebut. Karena itu, dia berharap pata atlet juga bisa berusaha keras, salah satunya melalui Kejurnas Karate yang tengah digelar.

“Bertandinglah dengan baik, tunjukkan jiwa sportivitas tinggi, ikuti arahan pelatih, hormati keputusan wasit juri, karena hal ini menunjukkan kedewasaan kita dalam berkompetisi,” kata Menko Polhukam.

*(Humas/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *