April 23, 2024

BRN, TNI AL, Lhokseumawe- Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto bersama dengan VNM Shrimp Aquaculture Budidaya Udang Vaname yang merupakan Mitra Binaan Lanal Lhokseumawe menebar benur Udang Vaname sebanyak 220.000 ekor di Kolam (Tambak) yang lokasinya berada di Jalan Madat Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (07/03/2024).

Kegiatan ini adalah upaya pembinaan kepada Masyarakat Pesisir dalam Bidang Ekonomi dimana merupakan salah satu dari 5 Bidang pada kegiatan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang merupakan Program Tahunan TNI Angkatan Laut melalui Staf Potensi Maritim TNI AL (Spotmaral).

Kegiatan Budidaya Udang ini juga sebagai wujud peran serta TNI AL dalam mendorong dan mensukseskan Program Ketahan Pangan yang digalakkan oleh Pemerintah Pusat.

“Sore ini Kami tebarkan sebanyak 220.000 benih Udang Vaname disesuaikan dengan besaran kolam atau tambak,” kata Danlanal Lhokseumawe.

Untuk budidaya Udang Vaname itu menurut kami sangat berpeluang besar, karena Udang Vaname sendiri menurut hasil dari penelitian, udang tersebut sangat mudah dibudidayakan. Apalagi mengenai kendala budidaya Udang Vaname, berdasarkan pengalaman dari masyarakat juga lebih mudah ditangani dan ada solusinya.

“Sehingga, kenapa kita secara optimal memilih Udang Vaname sebagai prioritas untuk disosialisasikan ? Itu tentunya sudah secara optimal menimalisir resiko gagal panen.” imbuh Danlanal Lhokseumawe.

Danlanal Lhokseumawe berharap kegiatan ini juga dapat menjadi dorongan bagi masyarakat yang memeiliki tambak untuk secara intensif dan produktif meningkatkan usahanya. Diperkirakan dalam tiga bulan kedepan, Udang Vaname yang ditebar ini bisa dipanen sesuai dengan rencana.

(Pen Lanal Lhokseumawe/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *