April 15, 2024

BRN, JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) perdana dengan tema “Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Ibu Kota Nusantara untuk Mewujudkan Kota Dunia untuk Semua” di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (14/3).

Rakornas tersebut dihadiri oleh sejumlah pembicara dari kementerian/lembaga terkait yaitu; Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Amran; Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis H. Sumadilaga; Sekretaris Jenderal Menteri ATR/Kepala BPN, Suyus Windayana; Plt. Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti; serta Kurator Ibu Kota Nusantara, Ridwan Kamil,

Rakornas ini juga dihadiri oleh 39 Sekretaris Kementerian/Lembaga, 38 Gubernur, serta 594 Bupati/Walikota dari seluruh wilayah di Indonesia

Salah satu peserta yang hadir Wakil Bupati Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. H. Dahlan M. Noer dalam Rakornas Otorita IKN ini, dalam wawancara exclusivenya dengan awak media mengatakan bahwa saya belum pernah ke IKN tapi melihat dari konsep pembangunannya bagus, seperti Newyork, Washington DC,” ucap Dahlan.

Dilihat dari konsepnya bagus, Rakornas tersebut bertujuan untuk memastikan pemerataan informasi mengenai bentuk Pemerintahan di IKN, potensi kerjasama dengan IKN, kekhususan IKN dan kewenangan khusus IKN, perkembangan pembangunan IKN, pelaksanaan investasi di IKN, serta untuk memperkuat kolaborasi dengan seluruh pemerintah daerah dan kementerian/lembaga di Indonesia,” papar Dahlan.

Harapannya semoga dengan Ibu kota Indonesia pindah ke IKN Kalimantan, perekonomian Indonesia lebih maju, sejahtera, menuju Indonesia Emas,” pungkas Dahlan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *