April 20, 2024

BRN, Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ibu Kota Nusantara bertujuan untuk menjalin kolaborasi dengan seluruh pemerintah daerah (Pemda) dalam membangun bersama-sama Nusantara di Kalimantan Timur.

“Pada sore hari ini, Kamis (14/3), kami mengundang kabupaten/kota, provinsi dan juga Kementerian/Lembaga untuk bersama-sama menjalin kerja sama utamanya di dalam kita membangun Nusantara bersama-sama,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono di Jakarta, Kamis 14/3/24.

Dalam kesempatan itu, Bambang mengatakan bahwa, membangun IKN bukanlah sekedar membangun infrastruktur dan gedung-gedung fasilitas pemerintah semata. Namun merupakan langkah transpormasi inyik membuat peradaban baru dengan memperkenalkan budaya kerja baru, pola pikir baru dan sebuah basis ekonomi baru di Indonesia.

Menurut Bambang, pembangunan IKN juga merupakan salah satu langkah Pemerintah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarkan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa.

“Untuk mewujudkan hal tersebut kolaborasi dan sinergi antar pemangku kepentingan menjadi sangat vital sesuai semangat tata kelolah Pemerintah yang baik,” jelasnya.

Bambang juga menjelaskan bahwa, dalam perjalanannya IKN sejak awal dirancang sebagai katalis untuk membuka potensi ekonomi Indonesia secara keseluruhan dan mendorong pertimbuhan serta menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga dapat mengurangi kemiskinan.

“Dengan menjadikan IKN sebagai simbol identitas bangsa dan sebagai pusat gravitasi ekonomi baru dan diharapkan dapat menciptakan multiplayer efek dengan menjadikan episentrum pertumbuhan yang akan semakin merata ke wilayah luar Jawa ini semua guna mendukung pembangunan Indonesia sentris menuju Indonesia emas tahun 2045,” jelas Bambang.   *(Tuty SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *