April 18, 2024

BRN, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma bersama rombongan bertemu Ketua Presidium KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC di Wisma KWI Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, (15/4/2024).

Gusma mengatakan, pertemuan ini untuk melaporkan kiprah Pemuda Katolik pasca Pemilu 2024. “Kita ingin melaporkan kepada KWI kiprah para kader Pemuda Katolik yang terlibat dalam kontestasi politik sebagai legislatif,” sebut Gusma.

Ia menjelaskan sementara ada 35 kader Pemuda Katolik yang untuk sementara sesuai rekapitulasi KPU terpilih menjadi DPRD Provinsi atau kabupaten/kota. Dan masih dalam proses pendataan lagi.

“Kader kita di Pengurus Pusat sudah ada 4 yang jadi DPR provinsi, selebihnya DPR Kabupaten/kota. Sementara kader penyelenggara Pemilu Bawaslu dan KPU ada 74 orang. Hari ini kita melaporkan progres para kader kepada Ketua KWI,” ujar Gusma.

Selain melaporkan hasil Pemilu 2024, Gusma melaporkan rencana Pemuda Katolik untuk mengadakan Kursus Kepemimpinan Lanjutan (KKL) II di Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, 22-24 Maret 2024.

Salah satu agenda penting KKL II tahun ini adalah memperkuat kiprah dan akselerasi Pemuda Katolik pasca Pemilu 2024.

Kegiatan KKL II ini akan diisi dengan berbagai materi seperti bangga buatan Indonesia untuk percepatan digital menuju Indonesia Emas 2024 dalam kerja sama dengan Kementrian Perdagangan. Ada juga seminar literasi digital kerja sama dengan Kominfo. Selanjutnya akan membahas soal roadmap akselerasi pembangunan menuju Indonesia Emas.

Dalam audiensi ini Mgr. Subianto berharap kader Pemuda Katolik perlu terlibat memberikan suara etis profetis dan tidak sekadar mengikuti suara mayoritas.

Ketua KWI juga meminta para kader Pemuda Katolik terlibat aktif di keuskupan, paroki, wilayah dan lingkungan agar bisa menguatkan suara etis profetis Gereja.

Terkait KKL II Pemuda Katolik, KWI sangat mendukung program-program akseleratif dan berharap Pemuda Katolik bisa tampil menyuarakan suara kenabian di tengah masyakarat.

Hadir dalam audiensi ini Stefanus Gusma dan para kader pengurus pusat Pemuda Katolik bersama panitia KKL II. Hadir juga Sekretaris Eksekutif Komisi Kerawam KWI, Romo Hans Jeharut; Sekretaris Eksekutif KWI, Romo P.J Siswantoko dan Moderator Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Romo Johannes Harijanto, SJ.   *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *