April 23, 2024

BRN, Pontianak, TNI AL, – Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP. beserta Prajurit Lantamal XII mengikuti Apel Pembukaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024 di Dermaga 01 Terminal Penumpang Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (26/03/2024).

Apel gabungan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Pontianak dipimpin oleh Plt. Kepala Kantor KSOP Kelas I Pontianak Capt. Hendri, S.H., M.M., M.Mar. dan diikuti oleh pasukan gabungan Satrol dan Pom Lantamal XII, Ditpolairud Polda Kalbar, Basarnas Pontianak, Dishub Kota Pontianak, serta jajaran pemerintah terkait lainnya.

Pada kesempatan ini, Inspektur Apel menyampaikan untuk penyelenggaraan angkutan laut tahun 2024 harus terselenggara dengan baik, lancar, aman serta dapat memberikan layanan yang lebih baik guna tranportasi pada lebaran ini.

“Kita juga harus menyadari bahwa angkutan laut memiliki resiko yang tidak kalah besar dibanding transportasi lain, oleh karena itu perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru. Selain itu perlu juga sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan yang baik, membeli tiket secara online dan tidak datang jauh-jauh hari di terminal,” pungkasnya.

Dalam rangka mengantisipasi permasalahan tersebut, seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pelabuhan Laut mempersiapkan angkutan laut lebaran tahun 2024 menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal dan petugas pelabuhan. Dengan memastikan armada kapal laut, diinstruksikan kepada seluruh kepala kantor utama KSOP agar melakukan uji kelaikan kapal yang beroperasi di wilayah kerjanya.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *