April 18, 2024

BRN, Jakarta – TNI AL, Lantamal XII- Ketua Korcab XII DJA 1 Ny. Arietta Agoeng MKS beserta pengurus Jalasenastrinya datang ramaikan acara Jala Craft tahun 2024 dengan pakaian adat Kalimantan Barat King Baba dan King Bibinge yang sehari sebelumnya telah dibuka oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali bertempat di Kantor Pengurus Pusat Jalasenastri Jalan Tabah Raya No 2. Komplek TNI AL Kodamar Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (26/3).

Acara Jala Craft yang berlangsung sejak tanggal 25 Maret 2024 sampai dengan 27 Maret 2024 ini, diikuti sebanyak 62 stand produk kerajinan dan produk kuliner buatan tangan ibu-ibu Jalasenastri.

Dalam kesempatan tersebut Korcab XII DJA1 Jalasenastri Lantamal XII Pontianak menampilkan pakaian adat Kalimantan Barat yaitu King Baba merupakan pakaian adat untuk laki-laki Suku Dayak yang menempati di Provinsi Kalimantan Barat, sementara itu pakaian adat untuk perempuan adalah King Bibinge.

Pakaian adat King Baba berbentuk seperti rompi yang menggunakan kain khas terbuat dari kulit kayu kapuo serta dihiasi manik-manik berwarna jingga dan merah.

Sedangkan untuk pakaian adat perempuan King Bibinge terbuat dari bahan yang sama tapi menutupi hingga bagian dada dan pundak.

Kegiatan Jala Craft 2024 ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan dan memasarkan karya seni serta kerajinan tangan kreatif adat dayak saja akan tetapi juga dari seluruh Indonesia melalui Kotama-Kotama TNI AL yang ikut hadir dalam kegiatan ini, sekaligus mendukung kemandirian ekonomi guna mengangkat (UMKM) Usaha Mikro Kecil dan Menengah Jalasenastri, yang memiliki peranan sangat penting dalam meningkatkan perekonomian keluarga prajurit TNI Angkatan Laut dan PNS nya.

(Dispen Lantamal/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *