June 17, 2024

BRN, TNI AL, Bintan,- Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Bintan adakan kegiatan Pelatihan Selam Dasar SMA/SMK Bintan, sebagai bentuk menanamkan rasa cinta bahari kepada generasi muda, bertempat di Kolam Melayu Bedendang, Rabu (29/05/2025).

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada anak muda agar memiliki rasa cinta bahari yang tinggi sehingga nantinya dapat diberdayakan untuk ikut berperan serta menjaga ekosistem di laut. Pelatihan selam dasar dibawah binaan/asuhan Spotmar Lanal Bintan tersebut diikuti oleh Siswa/Siswi SMA/SMK yang ada di Bintan, yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 29-30 Mei 2024.

Pada kesempatan tersebut, Paspotmar Lanal Bintan Mayor Marinir Yuda Bakti mengatakan bahwa untuk menjadi seorang penyelam tentunya tidak hanya dibutuhkan fisik yang sehat dan kuat, namun juga pemahaman dasar penyelaman untuk mendukung kemampuan menyelam yang dimiliki. Oleh sebab itu, para peserta dibekali teori pengenalan dan pelatihan selam dasar yang dibimbing oleh personel TNI AL.

(Pen Lanal Bintan)

Demikian juga yang dikatakan oleh Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu langkah TNI AL sebagai Pembina Potensi Maritim dan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut, hal tersebut senada dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan bahwa TNI AL berperan melaksanakan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Yang bertujuan untuk mewujudkan alat dan kondisi juang yang tangguh, berkarakter kebangsaan yang kuat dengan melaksanakan pembinaan cinta bahari serta mampu diberdayakan untuk kepentingan pertahanan negara di laut.

(Pen Lanal Bintan/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *