October 18, 2024

PAPUA | BRN – Senin (12/08/2024). Masyarakat Kabupaten Jayapura menolak adanya pergantian jabatan Bupati kabupaten Jayapura, (Pj) Triwarno Purnomo yang akan digantikan oleh Samuel Siriwa. Adapun pernyataan sikap tersebut disampaikan oleh beberapa organisasi masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Jayapura.

Dalam pernyataan, mereka menolak pergantian dan mohon kepada Kemendagri, salam hal ini Mendagri Tito Karnavian untuk membatalkan SK pergantian Bupati Kabupaten Jayapura tersebut.

Adapun Ormas yang menolak pencopotan Bupati (PJ) Kabupaten Jayapura dari Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Jayapura dan Gerakan Masyarakat Adat Peduli Pembangunan (GEMAPENA) Kabupaten Jayapura.

Dalam pernyataan sikapnya yang disampaikan pada hari Senin (12/08/2024), Frits Maurit Felle, ketua LMA Kabupaten Papua mengatakan pernyataan sikap menolak pencopotan dari Triwarno Purnomo tersebut.

Kepada Media, Fritz menyatakan sikap keberatan dan menolak adanya pergantian Penjabat (Pj) Bupati Triwarno Purnomo.”Triwarno merupakan figur yang memiliki visi misi yang jelas dalam membangun daerah. Pernyataan kami ini adalah bentuk dari perlindungan kepada hak-hak masyarakat adat. Triwarno merupakan figur yang memiliki visi misi yang jelas dalam membangun daerah di Kabupaten Jayapura.

“Penolakan ini juga merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Sosok Triwarno adalah yang tepat menjalankan pemerintahan bagi masyarakat Kabupaten Jayapura, ” ujarnya.

“Kami juga menolak penempatan Samuel Siriwa dan tetap mempertahankan Pj Bupati Triwarno Purnomo,” pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh GEMAPENA. Melalui pernyataan sikap kepada Media,GEMAPENA adalah Gerakan Kepedulian yang lahir dan hadir di Kabupaten Jayapura Gerakan yang di inisiasi Tokoh Adat, Tokoh Gereja, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Mahasiswa dan Tokoh Paguyuban Nusantara Kabupaten Jayapura, suatu wadah pergerakan yang bergerak di wilayah Kabupaten Jayapura.

Menurut GEMAPENA, Triwarno Purnomo,S.STP,.M.Si mampu memberikan dampak langsung dengan sejumlah program dan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dimasa transisi paska berakhirnya Bupati definitive, beliau juga sosok yang memiliki visi dan kualitas kepemimpinan yang baik. Hal itu terbukti dengan sejumlah capaian kerja yang nampak, dukungan ini juga bentuk kepedulian kami sebagai masyarakat Kabupaten Jayapura.

GEMAPENA meminta Mendagri Tito Karnavian mencabut SK pengangkatan Samuel Sariwa sebagai PJ Bupati Kabupaten Jayapura dan tetap mempertahankan PJ. Triwarno Purnomo. (Jn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *