July 21, 2024

Jakarta | Berita Rakyat Nusantara – Vihara yang mempunyai keindahan bentuk bangunan dengan sentuhan khas arsitektur negeri Tiongkok yaitu Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) terletak di Jl Prof Dr Satrio No. 2, Jakarta Selatan, pada Senin, 4 Juli 2022 merayakan hari ulang tahunnya yang ke 102 tahun.

Perayaan ulang tahun Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) yang ke 102 tahun dibuka mulai pukul 10.00 WIB yang diawali dengan kebaktian kemudian di lanjutkan dengan Shang Gong, pelepasan mahluk hidup (Fang Sheng) Cia Peng An , makan siang bersama dan hiburan Gambang Kromong.

Tan Hong Huy mengatakan;”Hari ini kita merayakan ulang tahun vihara yang ke 102 tahun, sebenarnya kita dari dulu pas usia vihara yang 100 tahun pada tahun 2020 mau merayakannya tetapi tidak bisa karena pada saat itu wabah covid-19 sedang melanda sangat besar di Indonesia”,ujar Tang Hong Huy pada saat ditemui oleh awak media sela acara ulang tahun berlangsung.

Dan karena saat ini tahun 2022 wadah covid-19 sudah mulai berkurang, maka kami bisa merayakan hari ulang tahun vihara kita dan tentunya perayaan ini kita rayakan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan covid-19 dari pemerintah, ungkapnya.

Selain kita mengucapkan rasa syukur dengan berdoa bersama, kita juga melakukan pelepasan makhluk hidup(Fang Sheng) seperti ikan, belut di kali dekat vihara dan tak lupa kami juga melakukan pelepasan burung-burung, ucap Tan Hong Huy.

Tang Hong Huy berkata “Tak ketinggalan pastinya juga menyediakan masakan khas yang paling terkenal dari vihara kita yaitu Lo Mie, Rujak pengantin, bakso, dan lain-lain”.

Saya sebagai umat berharap kita semua ditanah air ini dapat segera terbebas dari virus covid-19 supaya semua usaha kita di berbagai bidang bisa segera pulih jadi semua mahluk bisa hidup berbahagia dengan beraktivitas dengan normal kembali, tutur Tan Hong Huy

Disisi lain, hadir sebagai tamu undangan
Eko Sriyanto Galgendu
Ketua Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) Eko Sriyanto Galgendu bersama para sahabat dari vihara Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) mengucapkan selamat ulang ;” Kami mengucapkan selamat ulang tahun Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) yang ke 102 tahun semoga kebajikan, keteguhan, kebaikan dan belas kasih bersama para umat di bumi ini”.

Lie Kok Tie selaku umat vihara mengatakan “Di perayaan ulang tahun vihara ini saya membagikan masker batik gratis dari usaha batik saya untuk para umat yang datang untuk merayakan ulang tahun vihara dengan tujuan untuk mengikuti pelaturan protokol kesehatan dari pemerintah”.

Saya ingin berpesan di hari ulang tahun Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) yang ke 102 tahun, ini semoga dengan keberagamaan masyarakat antar etnis dan golongan tidak merasa tabuh untuk datang ke Vihara, tutur Lie Kok Tie. (JN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *