July 21, 2024

JAKARTA | BRN.com – Perbelanjaan Sarinah di Jakarta memiliki sejarah dan makna yang luar biasa. Digagas oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, Sarinah dibangun dengan misi besar yang sangat mulia untuk perdagangan barang-barang lokal produk-produk dalam negeri Indonesia.

Saya sendiri memiliki memori yang dalam tentang Sarinah. Tahun ’70-an, saya diajak kakek saya datang ke sini. Saya ingat, ada eskalatornya. Saya naik turun eskalator. Wah, senang betul. Bukan saya saja, masyarakat dari daerah yang datang ke Jakarta saat itu pasti akan ke Sarinah.

Dan sekarang, Sarinah telah bertransformasi. The new Sarinah saya resmikan hari ini, meski selama empat bulan sebelumnya sudah dibuka dan telah dikunjungi setidaknya lima juta orang.

Di Sarinah yang baru ini tersedia beragam produk yang telah dikurasi dengan teliti, kemudian dipajang dengan penataan yang sangat detail. Ada produk-produk tenun, batik, dan lain-lain.

Saya berharap transformasi Sarinah bukan hanya berupa bangunan fisiknya saja, tetapi juga melingkupi semangat, strategi, komitmen, dan cara kerjanya agar Sarinah ke depan selalu menjadi ikon bangsa. Selain itu, Sarinah juga diharapkan memberikan multiplier effect bagi para perajin seni budaya, terutama pengusaha produk-produk dalam negeri yang berkualitas. (RIL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *