July 21, 2024

Jakarta | Beritarakyatnusantara com- Paguyuban Kusumo Hondrowino (PKH) korwil DKI Jakarta hari Sabtu (20/08/2022), berulang tahun yang ke-2 (dua) tahun.

Sebagai lokasi dipilih di Museum Benyamin Suaeb Jatinegara Jakarta Timur. Acara dilaksanakan dengan sederhana, tetapi tidak mengurangi kemerihaan.

Sebagai ketua panitia kali ini yaitu M.Ng.Ir.Hang Haryanto Prasetyo dan tim mempersiapkan semuanya dengan baik.
Dalam sambutannya berharap kedepan PKH lebih baik dan tetap semangat dalam melestarikan budaya Jawa terkhusus budaya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, sebagai warisan Adiluhung.

Paguyuban Kusumo Hondrowino (PKH) korwil DKI Jakarta berulang tahun yang ke-2 tahun.

Hari Sabtu, 20 Agustus 2022, acara dimulai dengan flash mob KH menari bersama dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya sambutan disampaikan ketua PKH yaitu KRA.P.Mulyatno Prawirodiningrat SH.MH, “Bahwa kita mengingat dulu HUT yang ke 2, disaat pandemi covid 19 dilaksanakan bebarengan dengan wisuda KH yang perdana dianjungan Jawa Tengah TMII.
Hadir saat itu Gusti Kanjeng Ratu Paku Boewono XIII untuk mewisuda KH DKI Jakarta, ” katanya.

Demikian juga saat ini KH sudah 4 kali, hingga saat ini sudah mewisuda 93 Abdi Dalem keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Diharapkan para Abdi Dalem tersebut bisa hadir diundangan-undangan ; Kanjeng Susuhunan Pakoe Boewono Senopati Ing Ngalogo Saidin Pakoe Boewono Ingkang Jumeneng kaping XIII.

Seperti undangan beliau pisowanan penutupan bulan suro pada tanggal 27 agustus 2022, diharapkan bisa hadir.
KH menyediakan armada bis untuk acara tersebut. Sekaligus akan diwisuda Abdi Dalem yang ke 5, nantinya dikeraton Surakarta.

Selanjutnya acara dihibur tarian Jawa dan kreasi baru tari payung serta campur sari sebagai tugas kita melestarikan budaya Jawa khususnya keraton Surakarta Hadiningrat.

Bertepatan dengan HUT RI yang ke 77th, dimana-dimana diadakan perayaan dan lomba-lomba. Sehingga semakin semarak HUT PKH kali ini.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh ketua KRA.Mulyatno untuk diberikan kepada KRRA.H.Bambang Wening S.Adinegoro SE sebagai Abdi Dalem yang berpangkat tinggi.

Tumpeng yang kedua diberikan kepada RM.Rachmi S.Surjonegoro dan juga ketua panitia M.Ng.Hang serta kepada KH yang paling tua.

Selamat ulang tahun yang ke 2 tahun PKH DKI Jakarta. Semoga panjang umur~tambah sukses dan semangat~bertambah anggotanya~binerkahan lan karahayon Gusti KMA. (Christy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *