July 24, 2024

JAKARTA | BRN.com – Kenyamanan, kebersihan dan keteraturan dari sebuah tempat objek wisata menjadi perhatian khusus dan penting, karena jika hal-hal tersebut tertata tapi, maka akan banyak pengunjung yang hadir berkunjung ke tempat wisata yang dituju.

Wisata religi adalah salah satunya. Selain berwisata, para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan ibadah atau keagamaan sesuai keyakinan masing-masing. Setiap bagian dari tempat-tempat objek wisata religi harus diperhatikan dan dijaga kebersihan dan kerapiannya, termasuk untuk kamar mandi atau toilet.

Toilet di dalam tempat wisata religi harus diperhatikan kebersihan dan kerapiannya, apalagi kita mengenal semboyan rohani berbunyi, “Kebersihan sebagian dari iman”. Oleh karena itu, pemerintah, pengelola objek wisata religi sampai dengan para pengunjung harus benar-benar menjaga kebersihan dan kerapian dari Toilet tersebut.

Satuan Tugas atau Satgas Toilet Indonesia DPW DKI Jakarta turut memperhatikan kebersihan dan kerapian dari toilet dari tempat wisata religi di ibu kota Jakarta. Salah satu wujudnya adalah dengan direnovasi dan dibangunnya toilet di tempat wisata religi dari Makam Keramat HB. Ahmad Bin Alwi Alhadad atau biasa disebut Habib Kuncung yang terletak di jalan Rajawali Timur II No. 70, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pelentakan batu pertama pembangunan makam HB Kuncung pada tanggal 1 Agustus 2022.

Lokasi Pembangunan Toilet di Makam Keramat HB. Kuncung.

Peronata Taufik Fatah,SE, Ak., selaku Ketua SatGas Toilet Indonesia DPW DKI Jakarta, ketika ditemui pada hari Rabu, (07/09/2022), pukul 17.00 wib di lokasi, memberikan penjelasan mengenai tujuan dibangunnya toilet di tempat wisata religi makam Habib Kuncung tersebut.

“Pembangunan makam di HB Kuncung kita pilih karena merupakan makam dari wisata religi yang tertua di Jakarta, pusat dari para makam hambaib se-Jakarta dan banyak kegiatan keagamaan atau perayaan besar umat muslim di rayakan ditempat ini, ” ujarnya.

Peronata Taufik Fatah,SE, Ak., selaku Ketua SatGas Toilet Indonesia DPW DKI Jakarta.

“Jadi maksud tujuan pembangunan toilet umum ini supaya para pengunjung yang berkunjung ke makam ini bisa dengan nyaman dan layak pakai seperti keperluan wudhu atau ke kamar kecil untuk para pengunjung dalam melakukan ziarah religi ke makam HB Kuncung ini bisa senang dan nyaman sehingga nantinya akan banyak lagi pengunjung yang berziarah ke sini, ” jelasnya.

Bangunan Toilet yang sedang dibangun.

“Untuk tahap pembangunan saat ini sudah sampai 75%, semoga jika tidak ada halangan untuk peresmian akan di adakan pada tanggal 16 Oktober 2022 dan sesuai rencana akan pembangunan toilet umum dari satgas toilet umum Indonesia ini akan resmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.”

“Semoga dengan dibangunnya toilet umum HB Kuncung yang nyaman maka kita berharap para penziarah yang berkunjung bisa lebih nyaman, betah dan bisa lebih baik dalam menjalankan ziarahnya sehingga mereka bisa bercerita atau membawa teman dan saudara mereka untuk berkunjung kesini dalam wisata religi, ” pungkasnya. (R/J) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *