July 21, 2024

Jakarta | Beritarakyatnusantara.com – Panitia Nasional Touring Bela Negara Series (TBN Series) Kamis, 15 September 2022, sukses menggelar acara kunjungan dan wisata ke Kapal Perang KRI Banda Aceh 593 di dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Digelarnya acara ini, adalah bagian dari agenda nasional Touring Bela Negara Series yang sepanjang tahun selalu menghelat acara-acara yang berbau nasionalisme.

Panitia Nasional Touring Bela Negara Series sendiri seperti kita ketahui, adalah kumpulan dari perwakilan Dari 143 komunitas/club otomotif roda 4 sejabodetabek yang setiap bulannya selalu mengadakan acara dengan mengambil tema pembumian Pancasila dan Bela Negara, diantaranya dengan banyak mengunjungi museum, tempat sejarah, tokoh nasional ataupun ke instansi pemerintah untuk secara masif menggelorakan semangat Kebangsaan dan Nasionalisme dikalangan penggiat Otomotif.

Ketua Panitia Nasional TBN Series, Irwantoko Selo Pranoto yang biasa disapa “Adoy”, menjelaskan disela-sela acara,” Wisata Edukasi ke Kapal Perang RI ini kami gelar bekerja sama dengan Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, untuk memperkenalkan lebih dalam dan juga memberikan edukasi kepada para perwakilan Dari 143 komunitas / club Otomotif yang tergabung dibawah naungan TBN Series untuk bisa lebih mengerti apa itu Kapal Perang TNI AL, yang senantiasa menjaga kedaulatan laut Republik Indonesia, dan mengenal lebih dekat juga para personilnya.
Tujuan acara ini pula adalah sebagai ajang silaturahmi serta edukasi kapal perang kepada para perwakilan komunitas / club agar nantinya dapat secara berantai menyampaikan informasi ini, kepada para anggotanya yang berjumlah ribuan, hingga diharapkan kedepannya bersama komunitas / club nya dapat berkunjung langsung kesini. Ini semata – mata adalah bagian dari semangat pembumian Pancasila dan bela negara”, katanya berapi-api didampingi oleh Humas Nasional TBN Series Jeremy Timothy dari Wuling Club Indonesia.

Kunjungan Peserta TBN series ini yang berjumlah sebanyak 40 orang perwakilan komunitas / club, yang diterima dengan ramah oleh Mayor Laut (P) Dani sebagai pelaksana KRI Banda Aceh 593 didampingi Letkol Laut Raja T sebagai Paban Bintahwil Spotmar Kolinlamil dan juga segenap awak KRI Banda Aceh 593.

Dalam keterangannya, Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara sebagai Aspotmar Kolinlamil mengatakan, “Keberadaan KRI 593 di dermaga Kolinlamil tidak hanya melaksanakan tugas – tugas kemiliteran, namun juga harus mampu hadir dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
salah satu wujud kegiatan tersebut adalah edukasi bahari, diantaranya dengan memperkenalkan kapal perang sebagai salah satu alutsista yang dimiliki TNI AL, dan juga pengetahuan tentang kemaritiman dan kebaharian secara singkat, dimana pada hari ini, kami menerima dengan sangat baik kunjungan dari rekan – rekan Touring Bela Negara Series yang sangat antusias sekali”, tutur pria ramah ini saat ditemui di dermaga Kolinlamil.

Kunjungan yang dipandu oleh awak kapal KRI Banda Aceh 593, yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Dani sebagai pelaksana KRI Banda Aceh 593, dimulai dari Dermaga Kapal, para peserta diajak berkeliling memasuki banyak sekali ruang kapal mulai dari anjungan, ruang kontrol, ruang awak, tempat helipad hingga geladak kapal. Tidak lupa pula diperkenalkan juga sejarah singkat tentang Kapal Perang KRI Banda Aceh 593 itu sendiri.

KRI Banda Aceh 593 dengan kapasitas 117 awak kapal (ABK), adalah kapal Perang TNI AL, buatan anak bangsa, produksi PT. PAL Surabaya, diresmikan 17 Maret 2011, dengan tugas membawa perbekalan & alutsista keseluruh NKRI yang terdiri dari 13.000 pulau dari Sabang sampai Merauke.

Mayor Laut (P) Dani sebagai pelaksana KRI Banda Aceh 593 menjelaskan panjang lebar, “kami berharap dengan mengunjungi Kapal Perang ini, para peserta TBN Series akan lebih termotivasi semangatnya, dan tergugah kesadarannya bahwa bangsa kita adalah bangsa pelaut yang besar di dunia, dan juga pengetahuan, serta pengalaman tentang kemaritiman ini, bisa disampaikan kepada anggota – anggota komunitas / club lainnya untuk lebih bisa mencintai NKRI”, tuturnya saat ditemui didalam Kapal.

Perwakilan peserta TBN Series yang ditemui di sela-sela kunjungan yaitu, Marlon Oktavianus Ketua Toyota Crown Family, bersama dengan Ani Febrina Dari Raize Rocky Indonesia, Syaifullah dari Silver Cars Community Indonesia, Hendri Astriatmoko dan Ramadhan dari White Car Community juga menyampaikan pendapatnya,
“wisata edukasi TBN Series dengan mengunjungi Kolinlamil di Tanjung Priok, untuk melihat lebih dekat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), diterima dengan sangat baik oleh Pejabat Utama dan jajaran Kolinlamil, merupakan pengalaman berharga sekali bagi kami, dan merupakan kebanggaan yang sangat luar biasa, bisa menyaksikan langsung dan melihat lebih dekat salah satu alutsista kita, dan juga potensi kemaritiman, dengan dipandu langsung oleh personil TNI AL yang bertugas dengan sangat profesional”. “Kami berharap kedepannya, bisa diijinkan kembali membawa anggota – anggota kami untuk edukasi maritim ataupun bekerja sama dalam hal bakti sosial bersama personil Kolinlamil di Tanjung Priok”, kata pria ramah ini yang diamini oleh perwakilan lainnya.

Ditambahkan oleh Jeremy Timothy selaku Humas Nasional TBN series, “kami berharap agenda acara silaturahmi dengan jajaran Kolinlamil ini bisa berlanjut, dan juga berharap dikesempatan yang akan datang bisa menggelar acara – acara lainnya, seperti kegiatan bakti sosial bersama Personil TNI AL Kolinlamil, tutupnya saat dimintai keterangan.

(Ch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *