July 20, 2024

Jakarta | BRN.com – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menggelar Workshop Nasional dan Bimbingan Teknis 2022 Anggota DPRD Fraksi Hanura seluruh Indonesia mulai dari 18 – 20 September 2022 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

Adapun peserta dalam giat tersebut, anggota dewan DPRD tingkat 1 dan 2. Semua berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Salah satu anggota yang hadir dalam acara tersebut adalah Stanly Ridelson Wuwung, ST. Beliau adalah Anggota komisi 2 DPRD Kota Tomohon dn Sekretaris Fraksi Restorasi Nurani DPRD kota Tomohon, Sulawesi Utara. Dirinya mengatakan sangat berterimakasih kepada Partai Hanura yang mendukung dan mengadakan Bimtek tahun 2022 ini.

“Saya Stanley, berasal dari kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, sudah menjadi anggota DPRD dari Partai Hanura sejak tahun 2018. Kebetulan memang mengikuti proses bab di tahun 2018 dan setelah Pemilu 2019 ikut mencalonkan diri untuk DPRD kota Tomohon Dapil 1 dan lewat kepercayaan masyarakat yang mempercayakan saya akhirnya untuk mewakili Dapil 1 dari Partai Hanura. Dalam kasih Tuhan, saya terpilih sebagai anggota DPRD Dapil 1 kota Tomohon dari Partai Hanura. Itu perjalanan kronologis singkat saya, ” ujar Stanley memperkenalkan diri.

“Kebetulan saya di Fraksi Partai Hanura dipercayakan duduk di komisi 2 DPRD kota Tomohon. Disana hanya ada 3 komisi dan kami di komisi 2 membidangi keuangan dan pembangunan.”

“Kami di komisi bidang pembangunan, yang pertama adalah BPKPD, yaitu yang menangani keuangan dulu disebut Badan Keuangan Daerah. Kemudian dinas pekerjaan umum, dinas perumahan dan permukiman, Badan Perencana Daerah bapelitbangda Badan perencanaan dan penelitian daerah.”

“Kemudian juga ada perusahaan daerah Pasar Perusahaan Daerah Air Minum dan bagian pembangunan di daerah Tomohon. Tugas dan fungsi yang ada untuk kami, yang pertama untuk proses legislasi berkaitan dengan mitra kami. Kemudian untuk fungsi budgeting dan dalam pelaksanaan legislasi, budgeting yang sudah dianggarkan dan direncanakan untuk ditindaklanjuti dengan proses pengawasan sehingga tiga fungsi ini dapat berjalan secara baik secara terkoordinasi. Dan ini semua demi kesejahteraan masyarakat di kota Tomohon,” pungkas nya.

“Sesuai dengan sumpah dan janji kami selaku anggota DPRD di mana salah satu bunyi dari sumpah nya adalah akan memperjuangkan masyarakat di Dapil yang diwakili, maka memang karakteristik wilayah di kecamatan Tomohon barat, memang di sana punya karakteristik. Di masyarakat kota Tomohon Barat itu berada di pinggiran dan disana telah memperjuangkan infrastruktur-infrastruktur yang ada di kecamatan Tomohon Barat di Kelurahan Tara Raya pada umumnya,” jelasnya.

“Selama saya menjabat, saya sudah memperjuangkan pembukaan akses-akses ekonomi masyarakat, lewat pembuatan jalan, baik jalan pengerasan maupun ditingkat pengaspalan maupun perbaikan perbaikan drainase dan truk,” ujarnya.

“Juga saluran saluran irigasi kami perhatikan karena di daerah kami masih ada persawahan yang memang masih menjadi lumbung pangan di kota Tomohon dan saluran irigasi nya diperbaiki. Ada juga yang namanya penerangan jalan raya dan penerangan jalan lingkungan.”

“Kami bahkan sudah juga boleh melakukan pendampingan-pendampingan kepada masyarakat yang membutuhkan pendampingan dari DPRD berkaitan dengan aspirasi dan keinginan masyarakat yang perlu diperjuangkan di pemerintah kota secara umum.”

“Terima Kasih Bimtek Partai Hanura di Tahun 2022 ini berbeda dengan beberapa Bimtek yang telah kami ikuti dan memang punya satu nilai tersendiri. Yang pertama Panitia telah mempersiapkan materi dan pemateri yang sangat luar biasa tentu kami selaku anggota DPRD ketika mengikuti Bimtek ini boleh mendapat pemahaman tentang kepemiluan oleh KPU juga oleh Bawaslu selanjutnya, ” katanya.

Kemudian Stanley kembali menjelaskan, ‘Kami boleh mendapatkan pemahaman tentang pengelolaan keuangan di daerah lewat pemateri ketua KPK Firli Bahuri, bahkan secara umum dalam tugas-tugas internal di partai, pengelolaan ideologi partai, pengelolaan keuangan di partai dan yang paling penting yang mungkin menuju 2024. Semua memaparkan tentang strategi- strategi pemenangan bahkan boleh menyampaikan tentang bagaimana tugas kita selaku anggota DPRD ketika akan berperang kembali dalam pencalonan kembali caleg atau pemilu legislatif di 2024 nanti.”

“Pulang dari sini kami akan memperkuat internalisasi, tentunya juga kita harus menjaga integritas karena integritas itu yang akan membuat terasa di masyarakat. Kepercayaan dari masyarakat akan semakin tinggi dan berarti kalau figur yang mereka percayai dengan kepercayaan itu maka pasti mereka akan menjatuhkan pilihan yang kedua. ”

“Saya akan terus melakukan pendekatan di basis-basis TPS sehingga sistem perpolitikan bisa terkendali. Faktor-faktor kalkulasi dan bisa diproyeksi suara yang akan saya dapatkan dalam pemilu 2024 .Dalam kalkulasi itu saya akan bisa memastikan apakah masih akan duduk selaku anggota DPRD atau dalam kalkulasi itu mungkin saja harus berupaya lagi dengan hal-hal terobosan inovasi dan teknik-teknik baru dalam kepemiluan, kampanye dan lain sebagainya sehingga harapan untuk duduk kembali memperjuangkan aspirasi rakyat melalui Partai Hanura di pemilu 2024 bisa terwujud di kota Tomohon khususny, sesuai di Dapil saya, “pungkas Stanley. (**).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *