July 25, 2024

BRN | Bandung – Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setyowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menghadiri Pembukaan Penyelenggaraan Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bertempat di Stadion Siliwangi, Rabu (05/10/2022).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah Penylenggaraan Liga Santri Piala Kasad yang diikuti oleh santri-santri setiap Kodam dalam rangka HUT TNI ke-77 Tahun 2022, diantaranya Tim dari Kodam I Bukit Barisan, Kodam II Sriwijaya, Kodam III Siliwangi, Kodam IV Diponogoro, Kodam V Brawijaya, Kodam VI Mulawarman, Kodam IX Udayana, Kodam XII Tanjung Pura, Kodam XIII Merdeka, Kodam XIV Hasanudin, Kodam XVI Patimura, Kodam XVII Cendrawasih, Kodam XVIII Kaswari dan Kodam Iskandar Muda serta Kodam Jaya Jakarta.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Mars Siliwangi, pementasan Seni Tari Angklung, penampilan Rampak Kendang Kolaburasi TNI-Polri, Senam Separco dari Prajurit Siliwangi, Drum Band dari Taruna Akmil, dilanjutkan Parade Peserta Liga, Terjun Payung yang di laksanakan oleh para Parajurit TNI AD serta diakhiri dengan permainan Sarung Bola sebanyak 26.000 dipimpin Kasad sebagai upaya memecahkan Rekor MURI.

Dalam sambutannya, Kasad mengatakan bahwa acara pembukaan babak 40 besar Piala Kasad Liga Santri PSSI sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-77 Tahun 2022 dan tren positif sepak bola nasional saat ini. Tidak terlepas dari semakin baiknya penampilan serta prestasi yang ditunjukkan oleh Tim Nasional disemua level sepak bola Indonesia, perlahan bergerak maju menuju pentas yang lebih tinggi baik di asia maupun dunia. Hal ini, tentu menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua dan patut diapresiasi. Upaya-upaya untuk memajukan sepak bola nasional, sehubungan dengan hal tersebut TNI Angkatan Darat bekerja sama dengan PSSI telah menggulirkan kompetisi dikalangan para santri yang bertipe Piala Kasad Liga santri PSSI.

Kompetisi ini bertujuan untuk memberi kontribusi dan sumbangsih bagi kemajuan sepak bola nasional sekaligus menggali bakat-bakat potensial pesepakbola handal dari lingkungan Santri.
Terbukti dari beberapa pemain nasional mewarnai sepak bola Indonesia merupakan hasil binaan dari lingkungan Santri seperti Evan Dimas, Asnawi Mangku Alam dan Nadeo Argawinata. Tim-tim yang ada dihadapan kita semua merupakan tim terbaik yang telah melalui babak penyisihan di Tingkat Kabupaten dan Kota serta Provinsi yang berlangsung sejak bulan Juni sampai September 2022 yang lalu. Maka saat ini, kompetisi sudah memasuki babak 40 besar nasional, seluruh tim akan bertanding dan berjuang untuk menjadi finalis yang puncak pertandingannya akan digelar pada tanggal 22 Oktober 2022 di Stadion Madya Jakarta yang bersamaan dengan Peringatan Hari Santri Nasional.

Pejabat yang hadir antara lain Wakasad, Aster Kasad, Pangdam III/Slw, Kapolda Jawa Barat, PJU TNI AD, Danlanud Husein Sastra Negara Bansung, Ketua KONI Jabar dan Ketua PSSI Jawa Barat serta tamu undangan lainnya.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *