July 21, 2024

BRN | Belawan – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menghadiri Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI ke-77 Tahun 2022 dengan pimpinan Ziarah Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., dengan tema “TNI Angkatan Adalah Kita”, bertempat di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Pasar Merah Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (04/10/2022).

Kegiatan ini diawali dengan upacara ziarah dan mengheningkan cipta serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan, rangkaian ziarah berlangsung khidmat diletakkan karangan bunga di depan Tugu TMP Bukit Barisan sebagai simbol penghargaan dan penghormatan serta dilanjutkan dengan penaburan bunga diatas pusara para pejuang-pejuang bangsa. Tujuan melakukan ziarah kubur ke makam pahlawan tak lain untuk mendoakan arwah para pahlawan yang dulunya gugur dalam membela tanah air, dengan hal itu berarti juga telah mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa kepada negara. Selain itu juga bisa memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air seperti yang dimiliki oleh para pahlawan.

Adapun pasukan upacara terdiri dari 3 Matra TNI AD, TNI AL dan TNI AU meliputi Ton Satsik, Deputasi Pamen, Pama, Ton Kodam I/BB, Ton Lantamal I, Ton Kosek I dan PNS serta Ibu-ibu Dharma Pertiwi.

Selain itu kegiatan tersebut sesuai dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono yakni mengenai kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pangdam I/BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Dankosek I Marsma TNI Mohammad Nurdin, Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, S.E., S.I.P., Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja, Kadilmilti I Medan Laksma TNI Tuty Kiptiani, S.H., M.H., Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Danwing Komando III Kopasgat Kolonel Pas Banu Kusworo, Para Pejabat Utama TNI AD, TNI AL, dan TNI AU serta ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Pertiwi, Ketua dan Pengurus Persit, Ketua Korcab I DJA I beserta Pengurus, PIA Ardhya Garini wilayah Medan.

(Dispen Lantamal I/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *