July 21, 2024

Jacindonews | Kepulauan Anambas – Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022 dan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-77 tanggal 05 Oktober 2022 lalu, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla gelar Lomba Jongkong Layar di Kampung Bahari Nusantara, Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal tersebut dijelaskan oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla ketika menghadiri dan membuka perlombaan Jongkong Layar di Desa Batu Belah, Kamis (6/10/2022).

“Lomba Jongkong ini kami selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022 dan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-77 tanggal 05 Oktober 2022 lalu,” jelas Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf.

Dengan didampingi Forkopimda, Camat Siantan Timur dan Kepala Desa Batu Belah, Danlanal Tarempa membuka Lomba Jongkong Layar dengan mengangkat bendera start yang diikuti oleh 15 peserta dari desa-desa di wilayah Kepulauan Anambas.

Danlanal juga mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan Lomba Jongkong Layar di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Batu Belah sebagai motivasi dan juga upaya dalam memajukan daerah disektor Pariwisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, yang mana Desa Batu Belah sebagai Desa Binaan Lanal Tarempa menjadi icon percontohan dan motivator bagi desa-desa lainnya.

“Kami sengaja memulai di Desa Binaan kami KBN Desa Batu Belah sebagai salah satu contoh yang bisa ditiru oleh desa lain guna memajukan desa dan masyarakatnya dalam sektor Pariwisata, mengingat kapal-kapal turis sudah banyak yang hadir di Anambas dan saya berharap Desa Batu Belah sebagai desa Binaan Lanal Tarempa menjadi icon percontohan dan motivator bagi desa-desa lainnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Danlanal Tarempa pun menyebutkan, hal ini merupakan wujud pelestarian budaya yang harus terus dilestarikan dan harus ada penerus guna melanjutkan kebudayaan terus terjaga dan tidak hilang seiring berjalannya waktu.

“Saya juga berharap generasi penerus atau siapapun bisa terus melanjutkan dan melestarikan kebudayaan masyarakat Anambas agar tidak hilang dan terus terlestarikan,” ujar Danlanal Tarempa.

Dengan mengerahkan lebih kurang 30 personel Prajurit Lanal Tarempa ditambah dengan Pengawak Posal Memperuk yang merupakan Posal jajaran Lanal Tarempa yang terletak di wilayah Kecamatan Siantan Timur, Danlanal Tarempa optimis bahwa pelaksanaan Lomba Jongkong Layar akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Saya telah mengerahkan lebih kurang 30 personel Prajurit Lanal Tarempa yang tiba di Batu Belah dengan menggunakan KAL Ambulance BRI dan Patkamla Tarempa I.4-29 serta ditambah dengan Pengawak Posal Memperuk yang merupakan Posal jajaran Lanal Tarempa yang terletak di wilayah Kecamatan Siantan Timur. Saya optimis bahwa pelaksanaan Lomba Jongkong Layar akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan masyarakat serta para peserta lomba merasa terhibur dan bangga dengan keberadaan Lanal Tarempa”, ucap Letkol Yovan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa (Kades) Batu Belah Babandi memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terkait dalam hal penyelenggaraan lomba Jongkong Layar di desanya.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara perlombaan Jongkong Layar khususnya Lanal Tarempa dan Pemerintah Daerah yang telah turut melestarikan kebudayaan masyarakat Kepulauan Anambas dan memilih Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Batu Belah, sebagai tempat kegiatan acara,” ucap Babandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Kepulauan Anambas Effi Sjuhari menyampaikan, KBN yang merupakan desa Binaan Lanal Tarempa tentu saja banyak manfaat yang bisa menguntungkan masyarakat dan desa tersebut, sehingga pertumbuhan ekonomi suatu daerah tentu saja akan terdorong untuk terus maju.

Lebih lanjut Kadisbudpar menyampaikan, “Tidak hanya Lanal Tarempa yang bisa memberikan upaya dalam perkembangan suatu daerah, siapa pun yang terdorong untuk memberikan kontribusi tentu saja akan sangat di dukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas”, ucapnya.

Diakhir acara Lomba Jongkong Layar terpilih pemenang tercepat Lomba sebanyak 4 orang pemenang dan mendapatkan hadiah berupa Piala, Tropi dan sejumlah uang pembinaan kepada sang juara diberikan secara langsung oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla dengan didampingi Kadisbudpar, Camat Siantan Timur dan Kades Batu Belah.

Berikut nama-nama sang juara Lomba Jongkong Layar di Desa Batu Belah, Juara l Aidi Adnan dari Desa Batu Belah dengan hadiah Rp. 3.500.000 dan Tropi,
Juara ll Nazaruddin dari Desa Nyamuk dengan hadiah Rp. 3.000.000 dan Tropi, Juara lll Zamri dari Desa Munjan dengan hadiah Rp. 2.500.000 dan Tropi, Juara lV Haidir dari Desa Batu Belah dengan hadiah Rp. 2.000.000.

Turut hadir dalam pelaksanaan Lomba Jongkong Layar diantaranya Kadisbudpar mewakili Bupati Kepulauan Anambas, Ipda Muslim mewakili Kapolres Kepulauan Anambas, Ridho, S.H. mewakili Kacabjari Tarempa, Perwakilan Imigrasi Kelas II Tarempa, Perwira Staf Lanal Tarempa, Camat Siantan Timur, Babinsa, Babinkamtibmas, para Kades se-Kecamatan Siantan Timur, Ketua Cabang 3 Korcab IV DJA I beserta Pengurus dan masyarakat Anambas.

(Pen Lanal Tarempa/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *