July 21, 2024

BRN | Pangandaran – Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., didampingi Pasintel Lanal Bandung bersama Forkopimda Kabupaten Pangandaran, serta jajaran Perwira Staf Lanal Bandung dan Danposal Pangandaran, menyambut dan menerima Tim Ekspedisi Maritim Tahun 2022, Sabtu (08/10/2022).

Kedatangan Tim Ekspedisi Maritim TNI AL dan Tempo Media Group ke Wilayah kerja Lanal Bandung tepatnya di Kabupaten Pangandaran disambut dengan Tarian Lengser dan pengalungan bunga selamat datang, selain dalam rangka memperingati Hari Maritim, juga sekaligus mengeksplor sejarah yang berada di Pangandaran.

Dalam sambutannya, Danlanal Bandung mengatakan bahwa kegiatan Tim Ekspedisi selama di wilayah kerja Lanal Bandung, akan menggali semua sejarah dari Angkatan Laut yang ada di Bandung tepatnya di Pangandaran seperti Sejarah Kerajaan Pananjung, Situs Batu Kalde, Kerajaan Pananjung, Gua Panggung, Gua Parat, Gua Miring, Gua Rengganis, Gua Sumur Muda dan Gua Lanang.

Dalam keterangan pers dari Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) mengungkapkan bahwasanya kegiatan ekspedisi ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan sejarah maritim, sejarah TNI AL, potensi maritim, serta wisata maritim yang ada di Pulau Jawa. dimulai dari Jakarta yang menyusuri Pantai Utara Jawa sampai ke Pantai Selatan Jawa dan kembali lagi ke Jakarta, dengan menjelahi 13 Kota.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pangandaran yang diwakili Kadis Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Ekspedisi Maritim TNI Angkatan Laut juga mengucapkan terima kasih karena Kabupaten Pangandaran terpilih menjadi salah satu daerah yang menjadi lokasi kunjungan dalam kegiatan Ekspedisi Maritim TNI Angkatan Laut Tahun 2022 dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan multiplier effect positif khususnya bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran.

Sesuai dengan visi pemerintah Kabupaten Pangandaran menjadikan Pangandaran juara menuju wisata berkelas dunia, kami berharap kegiatan ini menjadi ajang promosi secara luas sehingga dapat menarik wisatawan serta mendatangkan investor yang tentunya akan berimbas kepada peningkatan perekonomian masyarakat Pangandaran. Selamat melaksanakan kegiatan ekspedisi maritim TNI Angkatan Laut di Kabupaten Pangandaran kami berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

(Pen Lanal Bandung/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *