July 20, 2024

BRN | Mempawah – Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han)., memimpin upacara penerimaan Bintara dan Tamtama Remaja TA. 2022, bertempat di Mako Lantamal XII, Jalan Wajok Hilir, KM 17, Kecamatan Wajok, Kabupaten Mempawah, Kamis (13/10/2022).

Bintara dan Tamtama Remaja yang baru Angkatan XLII/1 penugasan di Lantamal XII berjumlah 56 orang terdiri dari Bintara Remaja Pria 29 orang, Bintara Remaja Wanita 2 orang dan Tamtama Remaja 25 orang, yang baru menyelesaikan pendidikan di Kodiklatal Surabaya dan Satdik 1 Tanjung Uban. Bintara dan Tantama Remaja ini selanjutnya menjalani orientasi dan menerima pembekalan sebelum menempati pos masing-masing.

Sebelumnya, Bintara dan Tamtama Remaja dilaksanakan penyambutan dipimpin oleh Dandenma Lantamal XII dimulai pada pukul 22.00 Wib, diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh personel Diskes Lantamal XII dilanjutkan bergerak menuju Tugu Khatulistiwa dengan mendayung perahu karet dan menggunakan Sea Rider melalui Sungai Kapuas.

Setelah seluruhnya sampai di Tugu Khatulistuwa dilaksanakan renungan malam dan dilanjutkan Long March dari Tugu Khatulistiwa di Kecamatan Siantan Pontianak ke Mako Lantamal XII di Wajok Hilir Kabupaten Mempawah.

Komandan Lantamal XII Laksma TNI Suharto, mengatakan bahwa kegiatan orientasi satuan merupakan tradisi yang wajib dilaksanakan prajurit remaja guna membentuk karakter dan jati diri prajurit TNI Angkatan Laut dengan memegang teguh jati diri sebagai prajurit pejuang, prajurit rakyat, dan prajurit profesional yang menjunjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 (delapan) Wajib TNI. Jangan sampai bertindak melanggar hukum yang dapat merugikan diri pribadi maupun satuan.

Hal tersebut sesuai dengan salah satu Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yakni bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Hadir dalam upacara tersebut para Pejabat Utama dan Kadis serta Kasatker Lantamal XII, Prajurit dan PNS Lantamal XII.

(Dispen Lantamal XII/LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *