July 24, 2024

BRN | Jakarta – Arisan adalah salah satu bagian dari kegiatan sekelompok masyarakat, khususnya kaum perempuan. Kegiatan arisan merupakan salah satu alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang. Kegiatan arisan diadakan atau dibentuk oleh kesepakatan bersama para kelompok atau anggotanya. Arisan juga sebagai alat untuk mempererat persaudaraan dan sebagai sarana membantu ekonomi para anggota saat itu.

Hal inilah yang menginspirasi para wanita terutama ibu ibu rumah tangga untuk mengadakan kegiatan tersebut.

Mariyam Mansa yang akrab di panggil Mansa dalam wawancaranya dengan awak media menceritakan perihal arisan yang dibentuknya bersama teman-temannya.

“Kita itu ada suatu perkumpulan yang dibentuk, yang berawal dari satu teman ke teman, akhirnya biar ketemu dan ketemu, dan biasanya kalau kita mau ketemu itu kan sulit untuk ngumpulin orang, jadi kita membentuk suatu wadah arisan, ” ucapnya, saat ditemui di Lobbi Hotel Mulia Senayan, Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut.Sambung Mansa. Arisan yang kami bentuk ada tiga, yaitu yang pertama bernama Arisan Macan Turis ( Mama cantik ikut Arisan) anggotanya berjumlah 20 orang. yang dibentuk Pada Oktober di tahun 2013, berawal dari anak anak kita itu sekolahannya sebelahan, rumahnya juga berdekatan, jadi kita bentuk berlima ( Mella, Mansa, Erin, Puji dan Monika) nah, lima orang ini masing-masing bawa teman dan seterusnya hingga saat ini. Jadi saya yang ditunjuk sebagai bendahara pada saat itu, “terangnya.

Mansa juga menceritakan bahwa arisan Macan turis pada saat itu arisannya 12 bulan karena ada 12 orang, dengan masing-masing sebulan dua juta. Tetapi dengan kriteria jika yang dapat bulan depan, maka dialah yang menentukan tempat untuk diadakan arisan selanjutnya.

Kita juga pengen tempat tempat yang lagi Hit dimana, tempat yang enak untuk nongkrong dan ada promo promo.

Dan sebagai bendahara dirinya terus ditunjuk tapi ada beberapa yang keluar, misalkan periode berikutnya tidak ikut, jadi temannya ini bawa temannya lagi, sehingga terus berlanjut hingga sekarang kita merasa nyaman bahkan dari mulai anak anak kita TK hingga ada yang SMP dan SMA. Oleh karena itu menurut Mansa, untuk yang arisan Macan Turis ini rencana terus berlanjut hingga Nenek nenek, hingga kita punya mantu dan cucu, “ujarnya.

Arisan kedua yang di bentuk di Bulan Desember Tahun 2018 selanjutnya yaitu bernama Arisan Shiny Star (perempuan perempuan yang glowing) dengan jumlah anggota 35 orang. dimana pendirinya ada dua yaitu Mansa dan Dewi. Jadi dari teman teman dekat masing-masing. Tujuannya ada dua yaitu kalau kita ketemuan direncanain itukan pasti suka batal tapi kalau ada wadah arisan itu pasti ada satu kewajiban untuk pengen ketemu, ngobrol walaupun yang satu lagi urus anaknya yang satu lagi sibuk dengan urusan keluarganya.

Tetapi setiap arisan itu momennya pasti kita pengen ketemu hingga akhirnya kita kembangkan, kita pakai foto grafer , jadi setiap arisan itu kita ada uang konsumsinya, dan itu cuma untuk foto grafer, kalau untuk makan kita sendiri sendiri.

Tujuan dari Arisan Shiny Star adalah arisan khusus untuk pertemanan saja, yang nyaman, yang tenang, yang langgeng, no ghibah dan asik tentunya.

Dan anggota arisan ini tidak mengenal usia, bermacam macam didalam nya ada ibu rumah tangga, notaris, ada polisi, ada guru, pegawai bank, pengusaha solar, pengelola mall, dan sebagainya.

Selain kegiatan arisan. Di momen momen tertentu, Mansa dan teman temannya juga melaksanakan kegiatan lainnya, seperti Baksos, Santunan Anak yatim, dan kegiatan sosial lainnya.

Arisan ketiga yang dibentuk di Bulan Maret 2021 adalah bernama Bintang, dengan anggota 40 orang. Dimana arisan bintang ini anggotanya terdiri dari bermacam-macam dari umur yang paling muda sampai dengan yang tua semua ada. Jadi kalau yang disini kita khusus berbagi saja.

Ditanya terkait kendala kendala yang dialami selama menjalankan kegiatan asuransi ini. Mansa mengatakan sebenarnya gampang gampang sulit, maintenance karakter orang itu beda beda. Untuk masalah pembayaran para anggota benar-benar sangat bertanggung jawab. Dan juga atas kepercayaan dari mulut ke mulut, karena kalau tidak percaya tentu tidak akan berlanjut, “tuturnya.

Mansa menilai kalau di dunia arisan itu kredibilitas dan nama itu hal yang terpenting. Dan dirinya mengelola arisan ini beda beda tanggal tetapi setiap weekend, yaitu di awal bulan, minggu kedua dan minggu terakhir.

Selain itu kata Mansa ada juga satu lagi arisan yang dibentuknya namun di arisan ini tidak memerlukan kehadiran. Hanya orang orang tertentu dan dia tidak mau di publish. Jadi di arisan ini kita hanya transfer dan tetap saya yang koordinir, “ujarnya.

Ketika ditanya apa yang menjadi ketertarikan dan motivasi dirinya sehingga berkecimpung di dunia arisan. Mansa menjelaskan bahwa di jaman saat ini, perempuan perempuan itu kalau bergaul dan bertemu, yang di bahas tidak jauh dari kalau tidak pamer dan ghibah. Jadi mungkin dengan adanya satu wadah atau komunitas ini mereka menjadi nyaman, tenang, aman, mau main kemanapun ayo kesini lagi. Selain itu sebagai tempat rilex juga.

Harapan saya untuk bisa pegang komunitas di arisan ini yang pertama adalah kita punya pertemanan yang benar benar positif, dan juga kita bisa berbagi dengan yang lain. Selain itu juga bisa saling sharing bisnis, “pungkasnya. *(LI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *